Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Cara Tingkatkan Toleransi di Tempat Kerja
For Jobseeker

4 Cara Tingkatkan Toleransi di Tempat Kerja

Karina

November 14 • 5 min read

Kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja, apakah terdiri dari orang – orang dengan latar belakang atau budaya yang berbeda?

Bagaimana rasanya berada dalam lingkungan dengan keragaman seperti itu?

Perusahaan yang terdiri dari orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda dan memiliki kepribadian yang sepenuhnya individual dalam beberapa kasus dapat menimbulkan ketegangan dan mempersulit karyawan untuk bergaul dengan mudah, tapi selebihnya keragaman di di tempat kerja membawa beberapa manfaat yang bahkan membantu keberlangsungan bisnis perusahaan.

Apa Itu Keragaman di Tempat Kerja?

Keragaman tempat kerja atau Workplace Diversity adalah istilah yang digunakan untuk tempat kerja yang terdiri dari karyawan dengan karakteristik yang berbeda – beda , seperti jenis kelamin yang berbeda, jenis kelamin, ras, etnis, orientasi seksual, dan lain – lain.

Keragaman atau toleransi di tempat kerja sangat penting dibangun untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama di antara karyawan, selain itu juga diharapkan dapat membuat para karyawan rukun.  Semakin karyawan menghormati dan mempercayai satu sama lain, akan semakin baik hasilnya.

Apa Manfaat Keragaman di Tempat Kerja?

Perusahaan dengan karyawan atau sumber daya yang beragam (terdiversifikasi) mengalami banyak keuntungan dibandingkan mereka yang tidak memiliki karyawan yang terdiversifikasi. Memiliki sumber daya  yang beragam dapat membuat perusahaan menghasilkan campuran bahasa atau budaya, sehingga dalam prosesnya dapat membantu perusahaan yang ingin berekspansi untuk memperluas pertumbuhannya secara nasional maupun internasional. Bukan hanya itu, keragaman di tempat kerja juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan keuntungan, hal tersebut selaras dengan hasil laporan yang dibuat oleh McKinsey yang mengungkapkan bahwa perusahaan yang paling fokus pada keragaman ras dan etnis, 36% lebih mungkin untuk mendapatkan keuntungan finansial yang di atas rata-rata untuk industri mereka. Ini adalah bukti kuat bahwa membangun tenaga kerja yang beragam dapat secara langsung meningkatkan kesuksesan bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat keragaman tempat kerja, dirangkum dari BreatheHR dan Talentlyft :

  • Mendapatkan berbagai perspektif yang berbeda
  • Meningkatkan inovasi dan kreativitas di tempat kerja
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan Keterlibatan karyawan
  • Mengurangi tingkat “turnover” karyawan
  • Reputasi perusahaan yang lebih baik
  • Meningkatkan hasil perekrutan

Bagaimana Meningkatkan Keragaman di Perusahaan?

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan keragaman tempat kerja perusahaan Anda adalah mempekerjakan karyawan yang lebih beragam, tapi selain itu juga terdapat cara – cara lainnya, yaitu:

1. Rekrut karyawan yang beragam

Temukan karyawan – karyawan yang beragam dengan merekrut kandidat dari talent pool yang beragam. Merekrut dari beragam talent pool akan memberi Anda akses ke lebih banyak talenta.

2. Memberikan contoh

Karyawan biasanya akan mencontoh perilaku atasannya. Jadi mulai dari atasan ataupun C level di perusahaan coba berikanlah contoh toleransi di tempat kerja, berikan contoh yang dapat karyawan Anda ikuti. Berbelas kasih dan pengertian ketika berhadapan dengan mereka dan masalah mereka dapat menjadi contoh nyata dari sifat toleransi dan membantu mereka mengembangkan toleransi sendiri.

3. Perlakukan semua orang dengan sama

Perlakukan setiap orang dengan rasa hormat yang sama yang ingin Anda terima. Prinsip tersebut seharusnya sudah tumbuh di perusahaan Anda, karena itu juga adalah prinsip yang membantu terciptanya toleransi. Menghormati orang lain memungkinkan Anda menerima keyakinan dan pendapat mereka yang berbeda dan membantu Anda bekerja dengan orang lain tanpa penilaian apa pun.

4. Merayakan hari besar

Jika di perusahaan Anda terdapat karyawan yang berasal dari kepercayaan yang berbeda, luangkan waktu dan usahakan untuk merayakan hari raya keagamaan dan non-agama yang berbeda tersebut sehingga mencerminkan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang sangat menghargai perbedaan.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari BreatheHRTalentlyft, dan Jobstore.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!