Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Hal – Hal yang Dapat Dilakukan HR Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman
For Employer

Hal – Hal yang Dapat Dilakukan HR Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman

Karina

November 28 • 5 min read

Masalah kekerasan di masyarakat kini semakin nyata dan jelas. Hal ini menjadikan perusahaan harus mengambil tindakan untuk mencegah kekerasan di tempat kerja menjadi semakin meningkat. Perusahaan harus menjadi tempat yang bebas kekerasan dan harus melindungi keselamatan karyawannya.

Mengatasi Kekerasan di Tempat Kerja Dimulai dari HR

Pencegahan bentuk kekerasan di tempat kerja memang harus menjadi tanggung jawab seluruh komponen di perusahaan, dan juga membutuhkan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan. Tetapi departemen SDM (Sumber Daya Manusia) sering kali berada dalam posisi pertama yang harus mempelajari dan mengatasi tantangan di tempat kerja yang dapat mengarah pada tindakan kekerasan. Itulah mengapa Departemen SDM merupakan titik awal atau pihak utama yang berkomitmen untuk mengambil sikap proaktif dan efektif melawan kekerasan di tempat kerja.

 

Tanda – Tanda Peringatan Kekerasan yang Dapat HR Amati

Saat terjadinya sebuah insiden kekerasan di tempat kerja, seringkali terdapat faktor utama yang berkontribusi. Pemicu seperti perselisihan atau kesulitan keuangan, tidak puas dengan perusahaan, atau memiliki konflik interpersonal dengan karyawan perusahaan dapat menjadi salah satu faktor tersebut. Untuk menghindari terjadinya insiden yang tidak diinginkan tersebut, perusahaan melalui HR dapat mengambil langkah seperti mengidentifikasi perubahan perilaku dialami karyawan yang dapat memicu mereka membuat keributan dan melakukan kekerasan di tempat kerja.

Berikut beberapa perilaku yang harus diperhatikan:

  • Karyawan yang berbicara tentang senjata atau kekerasan.
  • Karyawan yang sering menggunakan bahasa/kata – kata kasar.
  • Karyawan yang menggunakan obat-obatan adiktif atau meminum minuman beralkohol tinggi di tempat kerja.
  • Ketidakhadiran karyawan yang tidak jelas atau tanpa alasan.
  • Perubahan perilaku drastis atau penurunan prestasi kerja pada karyawan.
  • Depresi atau menarik diri dari rekan – rekan kerja lainnya.
  • Karyawan yang melakukan pelanggaran terhadap kebijakan perusahaan.
  • Respons emosional terhadap kritik dan/atau perubahan suasana hati.
  • Dan hal mencurigakan lainnya.

 

Langkah – Langkah Pencegahan yang Dapat Dilakukan

Perusahaan sudah seharusnya memberikan lingkungan yang aman dan sehat yang terbeas dari kekerasan dan mendorong pertumbuhan bagi karyawan dan bisnis. Untuk membantu mencegah insiden terjadi di tempat kerja, HR dapat melakukan langkah – langkah berikut:

1. Buat Kebijakan

Mulailah dengan membentuk kebijakan tanpa toleransi terhadap setiap tindakan kekerasan di tempat kerja. Bagikan hal tersebut dan pastikan Anda mendidik seluruh pihak di perusahaan  tentang kebijakan, penegakannya, dan konsekuensi pelanggaran.

 

2. Kenali Karyawan

Dengan mengetahui tanda – tanda perilaku yang mencurigakan dari karyawan Anda serta kapan perilaku karyawan di luar kebiasaan, Anda dapat mencegah terjadinya insiden kekerasan di tempat kerja. Menjadi peka terhadap sekitar sangat diperlukan!

 

3. Tetapkan Prosedur Keamanan

Kembangkan langkah-langkah komprehensif yang mencakup keamanan dasar, seperti pentingnya mengunci barang-barang berharga, mengenakan ID dan lain sebagainya. Anda mungkin juga dapat menggunakan tindakan tambahan seperti menggunakan kode masuk, alarm, dan sinyal bahaya, tapi hal ini dapat disesuaikan lagi dengan industri dan lokasi perusahaan.

 

4. Tindakan Perekrutan dan Pemecatan

HR dan bagian divisi sumber daya manusia di perusahaan harus ikut serta dalam pelatihan tentang melakukan proses perekrutan yang sesuai agar mencegah seseorang yang pernah melakukan tindak kekerasan memasuki perusahaan. Begitu pula saat mendapati seorang karyawan melanggar aturan kekerasan dan harus segera dikeluarkan, HR harus mengadakan pendekatan pemutusan hubungan kerja untuk membantu menghindari situasi yang berpotensi lebih membahayakan.

 

CTA

Artikel dilansir dari hrunlimitedinc, thebalancecareers, dan hrmorning.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!