Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Kualitas Mutlak Seorang Kandidat Bagi Warren Buffet
For Employer

Kualitas Mutlak Seorang Kandidat Bagi Warren Buffet

Karina

Oktober 17 • 5 menit membaca

Terdapat banyak pemimpin – pemimpin perusahaan dunia dalam bisnis yang sering membagikan tentang bagaimana mereka mempekerjakan dan mengelola talenta di perusahaan mereka. Kebanyakan dari mereka pun memiliki satu kesamaan yaitu memiliki manajemen sumber daya manusia yang cerdas. Mereka tahu siapa yang harus dipilih, bagaimana mengelola talenta yang ada, dan apa cara terbaik untuk menggali kekuatan setiap individu agar tidak hanya menguntungkan perusahaan tetapi juga karyawan. Salah satu pemimpin yang membagikan pendapatnya tentang bagaimana mengelola talenta adalah sang investor terkenal asal Amerika, Warren Buffett.

Warren Edward Buffett adalah seorang tokoh bisnis, investor, dan filantropis Amerika yang juga merupakan ketua dan CEO Berkshire Hathaway. Warren Buffett dianggap sebagai salah satu investor paling sukses di dunia dan memiliki kekayaan bersih lebih dari $100,9 miliar per September 2021,dan menjadikannya orang terkaya kesepuluh di dunia.

Menurutnya hal terpenting yang harus dicari saat mempekerjakan orang adalah integritas. “Seseorang pernah berkata bahwa dalam mencari orang untuk dipekerjakan, Anda harus mencari tiga kualitas yaitu integritas, kecerdasan, dan energi. Jika Anda mempekerjakan seseorang tanpanya (integritas), Anda benar-benar ingin mereka menjadi bodoh dan malas” Jelas Warren.

Hal tersebut diutarakannya dalam pidato tahun 1998 di University of Florida. Buffett memberi mahasiswa MBA pelajaran dalam bisnis untuk membangun keunggulan kompetitif yang berasal dari memiliki integritas.

Bagi Warren Buffett , integritas adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar untuk membangun sebuah tim dengan kepercayaan tinggi. Integritas harus lebih dulu dilihat dibanding semua keterampilan dan sifat (termasuk IQ) saat menilai seorang kandidat. Sehingga dengan begitu, divisi sumber daya manusia di perusahaan khusunya manajer perekrutan harus bekerja keras dalam proses wawancara untuk mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan untuk merasa yakin bahwa seseorang memiliki karakter integritas yang tidak dapat dinegosiasikan. Jika tidak yang Anda dapatkan adalah sifat “malas dan bodoh” yang pada akhirnya dapat merugikan Anda dan perusahaan.

5 Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Oleh HR Manager

Dilansir dari Inc, berikut daftar beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada kandidat untuk melihat apakah mereka orang yang dapat diandalkan bertanggung jawab dan memiliki integritas dalam melakukan pekerjaan mereka:

  1. Ceritakan ketika Anda harus menangani masalah sulit yang membuat Anda memilih antara keadilan atau masalah etika. Apa yang terjadi dan bagaimana Anda menanggapinya?
  2. Kapan terakhir kali Anda “melanggar aturan”? Bagaimana situasinya dan apa yang Anda lakukan?
  3. Jelaskan situasi di mana Anda melihat seorang karyawan atau rekan kerja melakukan sesuatu yang menurut Anda tidak pantas.melanggar aturan. Apa yang kamu lakukan?
  4. Nilai apa yang paling Anda hargai dalam lingkungan tim? (Gunakan pertanyaan ini untuk mencari ciri-ciri lain yang dapat dipercaya, seperti kejujuran, keadilan, keterbukaan, transparansi, dan inklusivitas–semua ciri integritas.)
  5. Jika kita pernah terikat dengan klien, apakah Anda bersedia untuk berbohong sedikit untuk membantu kami? (Ini adalah “pertanyaan jebakan” untuk menelusuri nilai-nilai inti seseorang. Siapa pun yang beroperasi dengan integritas akan mengibarkan bendera merah dan menolak pertanyaan itu. Anda dapat menjelaskan motif Anda untuk menanyakannya nanti, setelah Anda menentukan bahwa individu tersebut telah lulus ujian)

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari NDTV dan News18.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!