Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Kritik itu Biasa, Begini Caranya Supaya Nggak Baper Saat Dikritik!
For Jobseeker

Kritik itu Biasa, Begini Caranya Supaya Nggak Baper Saat Dikritik!

Karina

January 09 • 6 min read

Apa pun yang kita lakukan pasti akan mengundang komentar dari orang lain, terlepas dari seberapa baiknya kita melakukan hal tersebut. Sudah bukan hal baru bahwa orang suka mengkritik orang lain, baik itu kritikan yang membangun, atau justru malah kritikan yang memang berniat untuk menjatuhkan orang lain. Itulah mengapa terkadang kita memang perlu belajar cara menerima kritik yang baik.

Sudah terlalu kuat arti “kritik” yang mengarah ke arah yang negatif, sehingga banyak orang yang malah jadi nggak terima ketika mendapatkan kritikan dari orang lain. Padahal, nggak semua kritik itu “jahat”, lho. Kritik juga ada yang memang bertujuan untuk membuat kamu menjadi lebih baik lagi.

Nggak gampang memang menerima kritik dari orang lain, apalagi kalau kamu udah melakukan sesuatu dengan semaksimal mungkin, tetapi ternyata hasil yang kamu berikan belum cukup baik. Nah, kalau kamu orang yang suka “baper” ketika diberikan kritik dari orang lain, yuk simak beberapa cara yang bisa buat kamu nggak baper saat dikritik!

Jangan selalu menganggap bahwa kritik adalah sesuatu yang negatif. Karena dalam kenyataannya, justru kritik bisa membantu kamu untuk menjadi lebih baik. Ketika apa yang kamu kerjakan dikritik oleh orang lain, percayalah bahwa kamu telah berusaha semampu dan semaksimal mungkin untuk membawa hasil tersebut ke depan orang lain. Jangan sedih hanya karena mendapatkan kritikan, tetapi berbahagialah karena kamu telah berusaha untuk menyelesaikannya dengan baik!

Biasakan untuk nggak merasa baper ketika menerima kritik oleh orang lain, ya. Kritik itu akan selalu ada, terutama di tempat kerja, tapi jangan sampai kritikan itu membuat kamu merasa down. Sebaliknya, kamu harus bisa untuk mencoba menerima kritikan dengan tenang dan menganggapnya sebagai masukkan yang bisa membantu dirimu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ketika seseorang mengkritik pekerjaanmu, ambil sisi positifnya dan anggap itu sebagai tantangan untuk kamu bisa bekerja dengan lebih baik.

Dengan menjadi orang yang bisa menerima ketika ada seseorang yang mengkritik pekerjaan kamu, itu artinya kamu telah menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang terbuka pada ide baru. Ide baru yang dimaksudkan disini adalah masukan yang diberikan oleh orang yang mengkritik kamu sebelumnya tersebut. Jadi, kamu akan menjadi orang yang terbuka terhadap masukan dan ide yang berbeda dari apa yang kamu punya.

4. Kamu dikritik, berarti pekerjaanmu dilihat, bersyukurlah!

Jarang orang yang sadar bahwa ketika hasil pekerjaan mereka dikritik, itu justru adalah bukti kalau pekerjaannya telah dilihat oleh atasan ataupun orang lain. Sebenarnya, kamu justru harus bersyukur ketika pekerjaan kamu mendapatkan kritikan dari orang lain, karena itu berarti, orang benar-benar memperhatikan detail dari apa yang kamu kerjakan, dan pekerjaan kamu benar-benar dilihat dengan baik. Kalau diambil dari sisi positifnya, ternyata kritikan nggak selamanya buruk, kan?

5. Anggap kritik sebagai pertanda kamu lebih dekat dengan sukses

Percaya atau nggak, orang yang sering menolak kritikan dari orang lain nggak akan maju di hidupnya. Karena tanpa disadari, meskipun biasanya kritik bisa membuat seseorang menjadi down, tetapi itu justru akan lebih memicu diri untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Nah, ketika dikritik, itu artinya kamu akan selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Karena dengan adanya kritikan yang disampaikan untuk hasil kerja kamu, itu berarti pekerjaan kamu bisa menjadi lebih maksimal lagi.

Yang terpenting adalah, kamu jangan terlalu terpaku dengan gagasan kalau kritikan adalah cara seseorang untuk merendahkan hasil pekerjaan yang kamu lakukan. Selalu tanamkan bahwa kritikan adalah cara yang diberikan seseorang untuk memperbaiki pekerjaanmu yang masih belum maksimal lagi. Jangan biasakan menjadi orang yang terlalu membawa segala sesuatu ke dalam perasaan dan cobalah hidup dengan lebih santai, ya!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!