Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Lakukan 4 Hal Ini Biar Kamu Jadi Makin Pede!
For Jobseeker

Lakukan 4 Hal Ini Biar Kamu Jadi Makin Pede!

Karina

December 05 • 5 min read

lakukan-hal-ini-biar-kamu-jadi-makin-pede

Kepercayaan diri bukan sesuatu yang mudah untuk diterapkan. Ada orang yang memang sudah terlahir dengan kepercayaan diri yang tinggi, ada juga yang terlahir dengan sifat pemalu dan cenderung menganggap dirinya kurang. Kamu kira-kira yang mana, nih?

Kepercayaan diri yang rendah juga bisa membuat orang jadi susah untuk berkembang, baik itu di lingkungan pendidikan atau pun di lingkungan kerja. Pastinya kamu nggak mau, dong, jadi orang yang begitu-begitu saja?

Percaya atau nggak, kepercayaan diri bisa dilatih, lho! Meskipun kamu terlahir dengan sifat pemalu, bukan hal yang nggak mungkin kamu bisa stand out di depan orang banyak. Pasti mau kan menjadi orang yang nggak malu-malu kucing lagi? Yuk kita lihat tips percaya diri ini!

 Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kontak Mata Saat Interview Kerja itu Penting Banget!

1.   Jangan bandingin diri dengan orang lain

Tips percaya diri pertama adalah, jangan sering-sering membandingkan diri dengan orang lain! Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu juga pasti punya, kok. Selain itu, setiap orang juga punya keunikan yang membuat mereka berbeda dari yang lainnya. Jadi, kamu jangan merasa kalau diri kamu nggak semenarik orang lain, ya. Apalagi di tempat kerja, dimana semua orang sudah punya role-nya masing-masing!

2.   Coba fokus sama kelebihanmu sendiri

Kalau ditanya tentang kekurangan, orang biasanya bisa menjawabnya dengan cepat. Hmm, tapi kenapa giliran ditanya tentang kelebihan, malah bingung banget jawabnya ya? Nah, ini yang perlu kamu perbaiki. Jangan terlalu fokus dengan kekurangan kamu saja, tapi kamu juga harus fokus dengan kelebihan yang kamu miliki, sekecil apapun kelebihan itu. Kalau kamu udah yakin sama kelebihan kamu, yakin deh kamu bakalan lebih percaya diri lagi.

lakukan-hal-ini-biar-kamu-jadi-makin-pede

3.   Latihan jalan tegap dengan tatapan lurus ke depan

Orang yang pemalu dan nggak pede sama dirinya sendiri, biasanya lebih sering menundukkan kepala ketika mereka ada di lingkungan terbuka. Rasanya seperti ada perasaan “takut” untuk menatap orang lain dengan tegas. Untuk kamu yang seperti ini, coba untuk atur postur tubuh kamu dan latihan jalan tegap dengan tatapan lurus ke depan. Jangan takut dengan sekitarmu dan kurangi kebiasaan menundukan kepala.

4.   Keluar dari zona nyaman

Terkadang, karena terlalu nggak pede untuk mencoba hal baru, kita jadi stuck di zona nyaman sendiri. Masa sih kamu nggak bosan berada di dalam lingkar zona nyaman kamu terus-menerus?  Kalau iya, maka dari itu kamu harus hilangkan pikiran “takut gagal” setiap mau mencoba hal baru. Gagal itu biasa kok, justru kegagalan itu yang bikin kamu tau apa yang terbaik buat diri kamu!

Setelah membaca tips tadi, apa kamu sudah siap untuk menjadi orang yang lebih percaya diri? Yang terpenting, kamu harus percaya dengan diri kamu sendiri dan menanamkan bahwa kamu punya banyak keunikan juga kelebihan yang membuat diri kamu bisa stand out dengan cara kamu sendiri. Percaya diri dalam melamar pekerjaan juga penting, lho. Yuk, cek Kalibrr sekarang untuk menemukan pekerjaan yang paling cocok untuk kamu!

lakukan-hal-ini-biar-kamu-jadi-makin-pede

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!