Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Memaknai Semangat Sumpah Pemuda Dari Sisi Sumber Daya Manusia
For Jobseeker

Memaknai Semangat Sumpah Pemuda Dari Sisi Sumber Daya Manusia

Karina

October 28 • 4 min read

Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Tepat hari ini, 28 Oktober 2021 Indonesia memperingati salah satu dari momen bersejarah yaitu Sumpah Pemuda. Jika melihat ke belakang, Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting yang menggambarkan bagaimana perjuangan para pemuda pemudi Indonesia di tahun itu berjuang demi menegakkan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda dan pemudi berkumpul dan berkomitmen untuk bersatu demi Indonesia.

Biasanya peringatan Sumpah Pemuda identik diiringi dengan Upacara di sekolah, pemerintah, atau perusahaan dan instansi lainnya. Tapi karena situasi pandemi saat ini yang tidak mendukung, upacara tidak dapat dilakukan dan sepertinya akan diubah menjadi upacara online.

Walaupun begitu selain upacara ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan sebagai bentuk peringatan Sumpah Pemuda dan memaknai hari penting ini.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia yang berisi gelora semangat rakyat Indonesia, sebagai bentuk memaknai hari penting perusahaan dan Anda dapat memaknainya dengan hal – hal berikut ini:

Meningkatkan Etos Kerja

Pemuda – pemudi merupakan generasi penerus yang menjadi harapan bangsa karena merekalah yang harus menjaga kedaulatan Indonesia dengan mengembangkan ide – ide serta gagasan yang kreatif dan inovatif dan tentunya berdasarkan nilai – nilai serta norma yang berlaku. Anda sebagai praktisi sumber daya manusia dapat memaknai peringatan Sumpah Pemuda ini sebagai momen untuk meningkatkan etos kerja. Artinya gunakan momen Sumpah Pemuda sebagai pembakar semangat untuk meningkatkan etos kerja membangun bangsa dengan kerja keras, kerja cepat, dan kerja produktif.

Kerja Sama

Peringatan Sumpah pemuda saat ini juga dapat dimaknai dengan kerja sama di mana  kita harus bersatu, bersama – sama membangun Indonesia yang lebih baik. Apalagi sekarang ini dunia, khusunya Indonesia sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang berdampak cukup besar dalam kehidupan kita sehari – hari. Maknai Sumpah Pemuda kali ini dengan bekerja sama menghadapi pandemi COVID – 19 dan membuat keadaan kembali seperti semula.

Momen Untuk Bangkit

Momen untuk bersatu dan bangkit dari pandemi dan dampak pandemi. Peringatan Sumpah Pemuda kali ini dapat dimaknai bahwa sebagai pemuda – pemudi penerus bangsa kita tidak boleh putus asa, kita harus semangat, kreatif, inovatif. Sama halnya di perusahaan, Anda dalam peran sumber daya manusia juga tidak boleh putus asa dalam merencanakan dan melakukan langkah – langkah agar perusahaan dapat keluar dari keterpurukan akibat pandemi COVID -19.

Cara – cara di atas hanya salah satu dari sekian banyak nilai yang dapat kamu maknai dari peringatan Sumpah Pemuda kali ini. Apapun caranya yang perlu diingat adalah nilai nilai positif dalam ikrar Sumpah Pemuda ini tidak boleh boleh dilupakan begitu saja, karena nyatanya masih tetap relevan di zaman sekarang, bahkan di era digital saat ini. Dengan begitu diharapkan kita dapat selalu menjaga kerukunan agar tidak terjadi konflik antar sesama bangsa Indonesia.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari Jpnn.comBrilio, dan HaiGrid.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!