Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Perusahaan Wajib Tahu, 3 Kiat Ini Efektif Pertahankan Employer Branding Kala Pandemi
For Employer

Perusahaan Wajib Tahu, 3 Kiat Ini Efektif Pertahankan Employer Branding Kala Pandemi

Karina

June 02 • 5 min read

perusahaan-wajib-tahu-kiat-ini-efektif-pertahankan-employer-branding-kala-pandemi

Situasi di masa pandemi, membuat perusahaan harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Hal ini pun tidak terlepas dari strategi employer brandingnya. Bukan semata-mata hanya mempertahankan eksistensi mereka pada pihak luar saja, tapi juga bagaimana dampaknya pada karyawan dan kandidat.

Mengingat employer branding adalah aspek utama perusahaan, pastinya pencari kerja serta karyawan berharap akan ada penyelarasan dengan kebutuhan mereka saat ini. Maka dari itu, ada sejumlah cara yang bisa perusahaan Anda terapkan, demi mempertahankan strategi employer branding di tengah pandemi.

Mengatur Ulang Strategi yang Sesuai Kebutuhan Saat Ini

Bisa jadi tidak semua perusahaan mempersiapkan rencana employer branding mereka untuk kondisi tak terduga seperti pandemi. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk dapat memperbaharui teknik brandingnya agar sesuai dengan target pasar kerja, hingga kebutuhan internal mereka.

Perusahaan bisa mengaktifkan segala jenis branding melalui platform media sosial. Misalnya, memberikan konten atraktif, inovatif, serta menyelipkan pesan positif yang menggambarkan kebudayaan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan merasa lebih terhubung dengan pihak luar seraya mengenalkan nilai unggul yang mereka tanamkan.

Tak hanya itu, meski saat pandemi, perusahaan tetap bisa merangkul para karyawannya, seperti memberikan acara virtual bersama demi menguatkan nilai dan kultur perusahaan. Lalu, baik perusahaan dan karyawan diharapkan bisa saling terbuka bersikap guna membangun lingkungan kerja yang saling mendukung dan memberi pengaruh baik.

Perusahaan Perlu Menjaga Koneksi Baik dengan Berbagai Pihak

Menjaga koneksi dengan baik bisa menjadi kunci mempertahankan employer branding kala pandemi. Adanya koneksi, perusahaan dapat terpapar informasi terkini, demi memperbaharui aktivitas employer branding agar tetap diakui dan dilirik oleh banyak pihak.

Koneksi ini tidak hanya dengan kandidatnya saja, melainkan dengan pihak eksternal lain, misalnya perusahaan mitra, komunitas profesional, asosiasi, hingga media informasi di media sosial. Melalui koneksi ini, akan sangat membantu dalam menyebarluaskan awareness branding suatu perusahaan.

Memanfaatkan Ulasan Pekerjaan dari Karyawan

Seperti yang diketahui, kandidat akan mendapat esensi branding perusahaan bila mereka bisa memperoleh cerita menarik dari karyawan langsung. Model storytelling ini adalah cara yang cukup efisien dalam segi mempertahankan employer branding perusahaan Anda.

Melalui model storytelling, kandidat dapat memahami bagaimana rutinitas yang dilakukan perusahaan, dalam mengayomi karyawan di masa yang cukup genting. Ketika cerita tersebut disampaikan dengan cara yang menarik, maka besar kemungkinan kalau perusahaan Anda diminati karena berhasil membawa keunggulan atas branding tersebut. Pastinya, ini dapat mencerminkan pula employee value proposition perusahaan Anda.

Bagaimana, menarik bukan? Selain efektif, ketiga cara tersebut pun mampu memperlihatkan sisi kreatif perusahaan. Dengan begitu, pihak luar akan lebih tertarik dan mudah mengenali merek perusahaan Anda walau sedang masa tak terduga seperti pandemi sekalipun.

perusahaan-wajib-tahu-kiat-ini-efektif-pertahankan-employer-branding-kala-pandemi

Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!