Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Terlambat Datang Interview Kerja, Apa yang Harus Dilakukan?
For Jobseeker

Terlambat Datang Interview Kerja, Apa yang Harus Dilakukan?

Karina

February 06 • 4 min read

Proses interview kerja atau wawancara kerja memang masih menjadi momen penting yang harus dilalui dalam proses rekrutmen. Ya mau bagaimana, suka atau nggak, wawancara kerja adalah salah satu proses penting yang menentukan kamu diterima bekerja atau nggak. Saking pentingnya, tentu saja dalam tahapan ini kamu harus tampil maksimal, salah satunya adalah dalam hal ketepatan waktu.

Sayangnya, dalam tahapan proses wawancara kerja atau interview kerja, seringkali kita masih saja datang terlambat untuk hadir ke lokasi wawancara. Wah, kalau begitu yang sering kamu alami, tentu saja bisa jadi bahaya besar, tuh! Lalu, apa yang terjadi jika kamu terlanjur datang terlambat ke lokasi wawancara? Nggak usah khawatir, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ini.

1. Katakan sejujurnya

Bagaimanapun juga, datang terlambat adalah kesalahan. Dan membuat alasan yang mengada-ada justru akan membuat kamu terlibat dalam masalah yang lebih besar. Alih-alih menyelamatkanmu dari masalah, banyak alasan akan membuatmu jelek di mata rekruter.

Jadi, seberapa terlambatnya kamu ke lokasi interview, sebaiknya kamu berkata sejujurnya saja. Biasanya, rekruter akan lebih memaklumi kamu dan menilai lebih untuk kejujuran kamu.

2. Minta maaf dengan sopan

Sudah salah, kok nyolot? Wah, tindakan seperti ini amat sangat nggak disukai sama rekruter. Namanya kamu membuat kesalahan, sudah pasti kamu harus tahu diri. Yes, menempatkan diri juga bisa menjadi penilaian penting bagi para rekruter, loh!

Jika kamu melakukan kesalahan seperti terlambat hadir, alangkah baiknya jika kamu meminta maaf dengan lebih sopan. Dengan begitu, kamu masih bisa menjaga nama baikmu dan citra kamu di hadapan rekruter. Kalau citra kamu baik, peluang kamu dapat kerja masih tetap terjaga.

3. Terima kenyataan dan interospeksi diri

Setiap orang mau yang sudah pengalaman atau belum, pasti pernah membuat kesalahan, jadi santai saja. Kabar baiknya, dibalik setiap kesalahan pasti ada pelajaran yang bisa kamu petik.

Jadi jika keterlambatan kamu nggak bisa diselamatkan, dan kesempatan interview kamu menjadi hilang, nggak usah sedih. Daripada merenungi dan terjebak dalam rasa bersalahmu, lebih baik alihkan energimu ke arah yang positif. Interospeksi kesalahanmu di hari ini, supaya kamu bisa mengantasipasi kesalahan serupa di lain hari.

4. Jaga koneksi dengan rekruter

Proses interview kerja memang proses yang penting tapi bukan akhir dari segalanya. Katakanlah kamu gagal di hari ini, tapi kamu masih bisa melakukan sesuatu dari sana. Salah satunya adalah membangun koneksi.

Hal ini jauh lebih penting untuk masa depan kariermu. Jadi, seburuk apapun interview kerja kamu hari ini, jangan lupa untuk tetap menjaga koneksi dengan rekruter. Siapa tahu di lain hari kesempatan yang sama bisa datang kepadamu satu kali lagi.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu terlambat datang ke wawancara kerja. Apapun itu, tetap semangat untuk mengejar suksesmu, yah!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!