Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Tips and Trick Untuk Bantu Kamu Lebih Mudah Mengingat
For Jobseeker

5 Tips and Trick Untuk Bantu Kamu Lebih Mudah Mengingat

Karina

August 05 • 5 min read

tips-and-trick-untuk-bantu-kamu-lebih-mudah-mengingat

Kenapa Ingatan Atau Memori Begitu Penting?

Menurut eLearning Industry memori adalah proses kognitif superior (logis atau intelektual) yang mendefinisikan dimensi temporal organisasi mental manusia. Ini adalah kemampuan kita untuk mengkodekan, menyimpan, mempertahankan, dan kemudian mengingat informasi serta pengalaman di masa lalu. Memori memiliki peran mendasar dalam kehidupan, misalnya belajar.

Ada 3 proses utama yang terlibat dalam memori manusia, yakni :

  • Pengkodean

Mengubah informasi menjadi bentuk yang dapat disimpan dalam memori.

  • Menyimpan

Mempertahankan informasi yang dikodekan dalam memori.

  • Mengambil

Mengakses kembali informasi dari masa lalu yang telah dikodekan dan disimpan.

Setelah mengetahui bagaimana proses dalam memori manusia, hal ini akan membuat kita mengerti bagaimana cara – cara agar memori tersebut dapat kita gunakan kembali untuk mengakses informasi – informasi penting maupun pengalaman di masa lalu. Apa saja cara – caranya?

Berikut 5 tips and trick yang Kalibrr rangkum untuk bantu kamu lebih mudah mengingat hal – hal yang telah kamu pelajari :

1. Pikirkan Sebuah “Scene”

Kita sering membentuk ingatan visual seperti cara kamera merekam gambar. Apa yang kita lihat akan tercetak, seperti foto, dalam kumpulan sel otak tertentu. Proses ini disebut pengkodean.

Otak melakukan pengkodean ribuan kali dan seiring waktu mereka mulai kabur. Untuk meningkatkan daya ingat, kamu harus bisa memisahkan ingatan – ingatan tersebut. Cobalah membuat adegan yang tepat di kepala, bisa dengan melihat detail – detail seperti warna apa? Ada objek apa di dekatnya? Dan lain sebagainya.

2. Membangun Hubungan Emosional

Dalam beberapa studi oleh para ilmuwan, saat membandingkan seberapa baik orang dapat mengingat foto dengan seberapa baik mereka dapat mengingat warna beberapa kotak sederhana. Hasilnya menunjukkan secara keseluruhan, orang jauh lebih baik dalam mengingat detail tentang foto daripada mengingat detail tentang kotak. Karena memiliki rasa/hubungan dengan suatu objek atau tempat dapat membantu kita mengingat detail tentangnya.dan dengan demikian membuat ingatan lebih tajam.

3. Mnemonik.

“Mnemonik” mengacu pada sistem atau perangkat apa pun yang dirancang untuk membantu memori. Biasanya, pola huruf, ide, atau asosiasi, seperti mejikuhibiniu untuk mengingat warna pelangi. Mnemonik dapat kamu gunakan untuk mengingat atau lebih mudah untuk mengambil kembali apa yang telah Anda pelajar

4. Tulis, Jangan Ketik

Jika kamu ingin mengingat lebih baik, cobalah tulis dengan tangan hal penting yang ingin kamu ingat. Tindakan fisik saat menulis merangsang sel-sel di dasar otak, yang disebut reticular activating system (RAS). Ketika RAS dipicu, maka otak akan lebih memperhatikan apa yang kamu lakukan saat ini. Saat menulis dengan tangan, otak lebih aktif dalam membentuk setiap huruf, dibandingkan dengan mengetik yang setiap hurufnya diwakili oleh tombol.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa saat mencatat dengan tangan, kita cenderung membingkai ulang informasi dengan kata-kata kita sendiri sehingga jenis pembelajaran lebih aktif.

5. Bagikan Apa Yang Dipelajari

Ada pepatah lama menyebutkan “cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.”

Membagikan apa yang telah kamu pelajari kepada orang lain akan membuatmu lebih mengingat karena kamu akan mengulangi hal itu terus – menerus. Kamu dapat mengatur pengetahuanmu, meningkatkan pemahaman dan juga ingatanmu sendiri.

tips-and-trick-untuk-bantu-kamu-lebih-mudah-mengingat

Artikel dilansir dari eLearning IndustryInc dan Zapier.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!