Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Alasan Kenapa Magang Penting Banget Buat Kamu Para Mahasiswa
For Jobseeker

5 Alasan Kenapa Magang Penting Banget Buat Kamu Para Mahasiswa

Karina

October 22 • 5 min read

Persaingan di dunia kerja kini semakin ketat. Perusahaan tidak hanya melihat gelar dari seorang pelamar tapi pengalaman apa saja yang telah dilaluinya. Perusahaan kini menilai pengalaman kerja yang dimiliki kandidat sebelum mempertimbangkan mereka untuk bergabung.

Tapi bagaimana mendapatkan pengalaman jika mencari pekerjaan sendiri adalah untuk mendapatkan pengalaman?

Magang adalah jawabannya. Magang yang dilakukan oleh mahasiswa – mahasiswi sekarang ini menjadi aspek penting yang dinilai rekruter serta perusahaan dan menjadi cara untuk membantu kandidat membuat diri mereka menonjol.

Berikut 5 alasan lain kenapa magang penting banget untuk kamu para mahasiswa:

1. Keunggulan kompetitif

Magang memungkinkan kamu mendapatkan keunggulan kompetitif. Sepertinya semua orang tahu bahwa pasar kerja saat ini semakin kompetitif. Ada ratusan bahkan ribuan pelamar lain yang memperebutkan posisi yang kamu inginkan, sehingga perlu cara untuk unggul dan membuat diri kamu menonjol diantara kandidat tersebut.

Dengan magang kamu bisa mendaptakanya. Pengalaman dan keterampilan saat magang dapat membantu membuat rekruter/ perusahaan memperhatikan kamu, selain itu magang saat kamu kuliah juga dapat menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki dorongan, semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar dan memperoleh pengalaman selain Universitas.

2. Mengetahui minat ataupun menciptakan minat baru

Magang dapat membantu kamu mengetahui minat kamu ataupun menciptakan minat baru. Kamu mungkin berpikir telah mengetahui jalan karir apa yang kamu inginkan, tetapi hal itu bisa saja berubah saat kamu magang. Ini adalah salah satu alasan kenapa magang sangat penting untuk kamu para mahasiswa, karena dengan magang kamu dapat lebih mengenali diri kamu sendiri dan memutuskan jalan karir kamu ke depannya.

Misalnya, kamu adalah lulusan ekonomi yang mungkin membayangkan dirimu menjadi seorang digital marketing tetapi setelah menyelesaikan magang kamu menyadari bahwa kamu menyukai hal yang berkaitan dengan analisis data. Hal tersebut membuktikan bahwa magang dapat membuat kamu mengetahui minat serta membawa kamu ke minat yang baru.

3. Cerminan bagaimana dunia kerja yang sebenarnya

Dengan magang kamu akan tahu bagaimana kenyataan dunia kerja yang sebenarnya seperti budaya perusahaan, politik kantor dan lainsebagainya dan juga dapat membuat kamu memahami jalur karir yang kamu inginkan, selain itu kamu juga dapat mengaplikasikan ilmu yang kamu pelajari di perkuliahan secara langsung.

4. Membangun koneksi

Magang adalah kesempatan kamu untuk mendapatkan pengalaman kerja sekaligus membangun koneksi dengan rekan – rekan kerja bahkan atasan di perusahaan tempat kamu magang. Koneksi dapat dijadikan batu loncatan untuk mendapatkan peluang yang lebih baik untuk kamu baik dalam perusahaan yang sama ataupun tidak. Selain itu dengan membangun koneksi kamu juga dapat meningkatkan peluang kamu untuk tumbuh sebagai seorang profesional..

5. Memberikan lebih dari sekadar keterampilan teknis

Karena kamu bekerja dengan orang – orang profesional di dunia kerja, pengetahuan dan keterampilan teknis bukanlah satu – satunya keuntungan yang kamu dapatkan tetapi kamu juga akan mendapatkan soft skills seperti cara berkomunikasi, cara  menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan cara berkomunikasi secara efektif dengan manajemen untuk membuat perubahan atau meminta bimbingan.

Yuk temukan lowongan magang terbaru dan terpercaya hanya di Kalibrr!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (2) Post Comment

GoaCDtTd

Report

1

Reply

GoaCDtTd

Report

1

Reply