Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Bermain “Teka – Teki” Berhadiah Talenta Profesional
For Employer

Bermain “Teka – Teki” Berhadiah Talenta Profesional

Karina

September 05 • 5 min read

Berbicara soal proses rekrutmen bisa menjadi pembicaraan yang panjang dan kompleks, karena banyak hal yang perlu dipikirkan. Mulai dari kebutuhan perusahaan, kandidat yang dicari, masalah waktu hingga memikirkan bagaimana cara membuat kandidat tertarik untuk melamar dan kandidat terbaik pun berhasil didapatkan.

Strategi terkait pemasaran rekrutmen harus dipikirkan matang – matang dan dapat melibatkan interaksi dengan calon pelamar mengingat ekspektasi terkait proses rekrutmen merupakan proses yang dinamis dari kandidat dan pemberi kerja/perusahaan.

Kampanye pemasaran rekrutmen yang terencana dengan baik yang mengarah pada kualitas kandidat yang unggul, aliran pelamar yang stabil, dan persepsi positif terhadap merek perusahaan Anda dapat Anda lakukan. Perekrut yang modern atau yang memahami tren sumber daya saat ini tentu tidak akan hanya duduk diam menunggu para pelamar untuk datang melamar. Setiap kampanye pemasaran rekrutmen harus menggabungkan praktik pemasaran terbaik dengan pemahaman yang cermat tentang persyaratan perusahaan untuk memilih investasi perekrutan secara strategis.

Menyusun teka-teki kompleks yang secara unik berlaku untuk pelamar ‘ideal’ perusahaan dapat memicu minat dan secara efektif menyaring pelamar yang tidak cocok:

Quixey: 60 Second Challenge

Quixey merupakan startup yang berlokasi di Mountain View, California yang menyebut dirinya “mesin pencari untuk aplikasi”. Walaupun tidak berhasil bertahan dah harus tutup pada tahun 2017 lalu, Quixey pernah melakukan sebuah kampanye rekrutmen yang menarik. Quixey, bersaing dengan orang-orang seperti Facebook dan Google untuk mendapatkan talenta terbaik, akhirnya Quixey datang dengan ide kampanye yang menantang para insinyur untuk memecahkan teka-teki pemrograman selama 60 detik dan menawarkan hadiah $100 dolar. Melalui kampanye tersebut, Quixey mendapat sekitar 5 ribu pengguna yang mendaftar dan berusaha memecahkan teka – teki dan menjangkau 500 atau lebih kandidat. Tentunya hal tersebut adalah “leads” yang sangat berharga.

Billboard Cryptic Google

Siapa yang tidak mengenal perusahaan satu ini?

Raksasa mesin pencari/ search engine asal Amerika ini merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berspesialisasi dalam layanan dan produk terkait Internet, yang mencakup teknologi periklanan online, mesin telusur, komputasi awan, perangkat lunak, dan perangkat keras. Google dianggap sebagai salah satu dari Lima Besar perusahaan di industri teknologi informasi Amerika, bersama dengan Amazon, Facebook, Apple, dan Microsoft.

Perusahaan teknologi sebesar ini tentunya memerlukan ahli – ahli teknologi bukan? Untuk mencari kandidat teratas, Google juga pernah melakukan strategi rekrutmen yang viral yakni viral yakni, Google’s The Cryptic Billboard.

Pada tahun 2004, sebuah papan reklame terlihat di Silicon Valley yang memiliki teka-teki matematika di atasnya. Papan reklame tersebut mengarahkan, siapa pun yang cukup pintar untuk memecahkannya silahkan masuk ke www.7427466391.com dan di sana mereka akan dihadapkan pada tantangan lain

Jika seseorang berhasil memecahkan teka – teki tersebut lalu Google akan mengirimkan pesan berupa:

“Kerja bagus. Sudah diselesai dengan baik. Mazel tov. Anda telah berhasil masuk ke Google Labs dan kami senang Anda ada di sini. Satu hal yang kami pelajari saat membangun Google adalah lebih mudah menemukan apa yang Anda cari jika ia datang mencari Anda. Yang kami cari adalah insinyur terbaik di dunia dan orang itu adalah Anda.”

Melalui kampanye tersebut, Google menyaring pelamar potensial ke sekelompok ‘problem solver’ yang antusias, dan sifat tersebut merupakan suatu sifat yang sangat dihargai oleh perusahaan.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!