Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > 4 Bidang Pekerjaan Ini Berkembang Setelah Pandemi Covid-19. Apa saja?
For Employer

4 Bidang Pekerjaan Ini Berkembang Setelah Pandemi Covid-19. Apa saja?

Karina

August 15 • 4 min read

Pandemi COVID-19 yang berlangsung kurang lebih satu setengah tahun ini telah membawa banyak perubahan terhadap hidup dan tatanannya. Infrastruktur ekonomi, kebiasaan konsumen,pekerjaan,  karir dan lain sebagainya, hal tersebut merupakan beberapa contoh yang tampak jelas pada saat ini.

Dalam hal karir atau pekerjaan misalnya, pandemi bukan hanya meningkatkan jumlah pengangguran tapi juga menghapus banyak role dari tenaga kerja atau hadirnya role/pekerjaan baru,  serta pergeseran beberapa jenis pekerjaan atau industri yang menjadi prioritas dan memiliki permintaan tinggi di pasar kerja.

Beberapa bidang pekerjaan yang akan banyak diminati setelah COVID-19 antara lain pekerjaan di bidang rekayasa perangkat lunak (software engineer), perawatan kesehatan, personil gudang, administrasi, pelatih gym pribadi, pemasaran, pimpinan produksi, manajemen, dan masih banyak lagi. Akan ada juga bidang pekerjaan yang menuntut lebih dari satu gelar atau tingkat pendidikan dan pengalaman, dan mereka yang memiliki pekerjaan penting kemungkinan besar akan memperoleh keuntungan seperti kondisi kerja dan gaji yang lebih baik.

Menurut European Commision berikut 4 bidang pekerjaan yang dianggap memiliki permintaan besar dan berkembang setelah pandemi COVID-19 :

Kesehatan

Sebagai garda terdepan dalam penanganan kasus COVID-19, pekerjaan di bidang kesehatan tentu saja menjadi salah satu pekerjaan yang diharapkan untuk tumbuh di tahun-tahun mendatang. Meskipun akan selalu ada permintaan untuk pekerjaan di bidang ini, tapi pandemi telah menyoroti pentingnya dan mengubah lanskapnya, sehingga memberi ruang untuk lebih banyak pekerjaan dan peluang.

Fokus baru pada bidang pekerjaan ini setelah pandemi akan mengarah pada investasi baik dalam peran yang ada maupun peran baru. Dengan pengembangan vaksi, fasilitas dan sistem otomatis, industri/ bidang ini akan membutuhkan orang – orang dengan keterampilan baru.

Sains dan inovasi

Krisis yang dialami saat pandemi ini telah menimbulkan banyak pertanyaan ilmiah yang mengarah ke permintaan para ilmuwan dan peneliti, misalnya penemuan vaksin.

Profesi seperti ilmuwan biomedis, ahli biologi, insinyur kimia, dan analis data akan dibutuhkan dan memiliki demand yang tinggi setelah pandemi untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan seputar science dan berkontribusi untuk mengembangkan ide dan solusi inovatif baru di masa depan.

Teknologi Informasi

Perlahan tapi pasti transformasi digital akan dijalankan tapi nampaknya dipercepat karena adanya pandemi covid – 19. Beralihnya segala kegiatan yang dulunya offline seperti meeting, belajar, bekerja, hiburan menjadi pertemuan virtual atau online, hal ini di masa depan diperkirakan tidak akan berubah. Maka pekerjaan di bidang teknologi diperkirakan akan terus berkembang dengan pesat dan akan membutuhkan sejumlah ahli baru seperti pengembang perangkat lunak (software developer), pemrograman, teknisi hingga konsultan dan teknologi TI. industri ini merupakan industri atau bidang pekerjaan yang masih muda dan memiliki ruang untuk berkembang.

Komunikasi Digital

Semakin banyaknya alat – alat digital yang ditemukan dan diperkenalkan maka pekerjaan di bidang komunikasi juga diharapkan tumbuh dan beradaptasi. Selain itu, karena pandemi yang berlangsung saat ini juga meningkatkan terjadinya komunikasi jarak jauh sehingga membuat komunikasi digital menjadi sangat penting. Pekerjaan seperti konsultan komunikasi, perencana acara online, manajer media sosial, dan perencana media diharapkan berkembang pesat di dunia pasca COVID-19.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (2) Post Comment

Anwar

Report

apakah pekerjaan sains dan inovasi membutuhkan sistem warehouse ?

Reply

npi lookup

Report

NPI Lookup is a site designed for you to easily find medical practitioners' NPI numbers. Doing so allows you to confirm the practitioner or medical entity is registered and makes it easy to fill in Medicare and Medicaid forms. The Affordable Care Act massively increased demand for easily accessible NPI numbers for medical practitioners and medical establishments. An NPI number must be included on all Medicare and Medicaid applications, and all claims forms submitted by patients. Therefore, it's essential to be able to find them quickly and easily to facilitate form submission. An NPI registry is designed to make this process simple. By entering some basic information, such as name, organization, or NPI number, you'll be able to confirm the details you need, or to ensure the details you were given are correct. https://canvas.instructure.com/eportfolios/2191343/

Reply