Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Cara Terbaik Biar Otak Kamu Mudah Mengingat Apapun
For Jobseeker

4 Cara Terbaik Biar Otak Kamu Mudah Mengingat Apapun

Karina

December 04 • 6 min read

cara-terbaik-biar-otak-kamu-mudah-mengingat-apapun

Sebuah keberhasilan adalah mimpi bagi setiap orang. Nggak mungkin ada orang yang nggak mau berhasil di dalam hidupnya. Keberhasilan itu sendiri sebagian besar didasarkan pada apa saja yang kamu ketahui, karena semua yang kamu ketahui akan menentukan pilihan yang nantinya mau kamu buat. Pilihan-pilihan tersebut nantinya akan membuat kamu semakin dekat dengan apa yang paling kamu inginkan.

Bukan hal yang baru kalau banyak orang ingin belajar untuk menjadi lebih baik dan lebih cepat, mampu menyimpan banyak informasi, dan dapat menerapkan pengetahuan mereka itu pada waktu yang tepat.

Tetapi sayang banget nih, kenyataannya yang dihadapi adalah kita sering melupakan hal-hal yang sudah kita pelajari sebelumnya. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa manusia akan melupakan 50% informasi yang baru mereka dapatkan hanya dalam kurun waktu 1 jam! Bisa dibayangkan kalau sampai 24 jam atau seminggu.. tentu saja informasi yang didapatkan bisa hilang menjadi 70%-90%.

Kalau kita ingin terus mengingat sesuatu, kita harus lakukan banyak hal lebih dari sekadar membaca buku atau mendengarkan podcast. Sebagai gantinya, harus rajin untuk mengulang informasi yang ingin kita terus ingat.

Selain dari cara tersebut, ada 4 tips melatih ingatan lainnya yang bisa membantu kamu untuk bisa mudah dalam mengingat apapun. Berikut adalah tipsnya!

1.    Pengulangan berjeda

Salah satu cara yang ampuh untuk membuat kamu bisa mengingat apapun dengan mudah adalah dengan menerapkan metode pengulangan berjeda atau yang biasa disebut dengan spaced repetition. Misalnya, ketika kamu lagi membaca buku dan menikmati banget bacaan tersebut, kamu bisa lho membuat jadwal untuk kamu bisa membaca ulang buku tersebut dalam waktu sebulan lagi, enam bulan lagi, atau bahkan satu tahun lagi!

Pengulangan berjeda seperti ini akan membantu kamu untuk bisa keep up dengan informasi yang kamu dapatkan, karena asupan informasi tersebut terus menerus diulang dengan jeda waktu tertentu.

2.    Aturan 50/50

Coba sisihkan 50% dari waktumu untuk mempelajari sesuatu yang baru, dan sisa 50%-nya lagi untuk mengulang kembali apa yang sudah kamu pelajari kepada orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa dengan berbagi pengetahuan ke orang lain adalah cara terbaik untuk belajar kembali. Aturan 50/50 ini juga cara yang paling cocok untuk belajar, memproses, menyimpan, dan mengingat informasi.

cara-terbaik-biar-otak-kamu-mudah-mengingat-apapun

“Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya ke orang lain, bukan hanya karena kamu menjelaskan, tetapi juga karena kamu mencoba untuk kembali mengingatnya.” – Adam Grant.

3.    Mendemonstrasikan topik yang ingin diingat

Metode lain yang nggak kalah penting adalah dengan memanfaatkan demonstrasi topik untuk bisa memahami topik tersebut luar dalam. Nggak cuma membaca buku atau mendengarkan penjelasan saja, tetapi demonstrasi juga bisa membantu kamu memvisualisasikan konsep tersebut. Hal ini penting lho kalau kamu ingin belajar hal-hal yang berhubungan erat dengan praktek seperti fotografi, desain, public speaking, dan lain-lain.

4.    Tidur

Akhirnya, cara paling enak dan paling ditunggu-tunggu, tidur! Ya, tanpa disadari ternyata tidur adalah cara ampuh untuk membuat kamu mengingat sesuatu lho. Kok bisa, ya? Ternyata, tidur setelah belajar adalah bagian terpenting dari proses penciptaan memori, dan tidur sebelum belajar akan memperkuat kapasitas otak kamu. Bahkan, tidur siang yang pendek akan membantu kamu memperkuat informasi yang kamu pelajari.

Tidur siang yang lebih lama juga bagus untuk menyimpan informasi baru ke dalam memori permanen kita. Tidur nyenyak bahkan lebih baik lagi untuk mengingat memori dan berpikir jernih. Ternyata, tidur nggak cuma enak untuk dilakukan, tetapi juga punya manfaat untuk otak kita!

Nah, itu dia tadi beberapa tips melatih ingatan yang pastinya akan membantu kamu supaya nggak jadi orang yang sering lupa! Kalau kamu pelupa, karir kamu bakal terganggu juga, lho. Pastinya kamu nggak mau kan disebut sebagai orang yang pikun?

cara-terbaik-biar-otak-kamu-mudah-mengingat-apapun

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!