Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Dampak Positif “Showing Gratitude” di Tempat Kerja
For Jobseeker

4 Dampak Positif “Showing Gratitude” di Tempat Kerja

Karina

October 31 • 5 min read

Dalam sebuah studi oleh American Psychological Association, para peneliti menemukan bahwa 93% karyawan yang merasa dihargai di perusahaan, dengan diapresiasi atau ucapan terima kasih mengatakan bahwa mereka termotivasi untuk melakukan yang terbaik di tempat kerja dan 88% karyawan melaporkan bahwa mereka merasa terlibat atau engaged dengan perusahaan.

Anda sudah tahu bukan betapa pentingnya membuat karyawan merasa engaged?

Menerapkan budaya perusahaan yang  menunjukkan rasa syukur dan apresiasi dengan ucapan terima kasih dapat menjadi langkah temudah dan paling berdampak untuk meningkatkan retensi karyawan dan berdampak pada keterlibatan dan produktivitas yang lebih besar. Selain sebagai langkah retensi karyawan, menunjukkan rasa terima kasih di tempat kerja juga terbukti meningkatkan kinerja individu karyawan,  kinerja tim dan perusahaan sehingga mendorong kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan.

Berikut contoh – contoh bagaimana rasa syukur dan ucapan terima kasih di tempat kerja berdampak positif pada perusahaan:

1. Meningkatkan moral sehari-hari

Bersyukur adalah kebutuhan dasar manusia. Sebagai tempat kita menghabiskan banyak waktu selain di rumah, memberi dan menerima ucapan terima kasih di tempat kerja menjadi sangat penting.

Ketika karyawan menerima pengakuan atas kerja keras mereka, mereka merasa dihargai secara pribadi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan antusiasme mereka dalam melakukan pekerjaan. Peningkatan semangat membuat karyawan lebih mungkin bertahan di perusahaan Anda lebih lama, serta menerapkan rasa syukur di perusahaan tidak hanya memiliki efek pada individu karyawan sendiri, saat karyawan menjadi lebih percaya satu sama lain mereka lebih mungkin untuk saling membantu dan hal tersebut tentunya baik untuk keberlangsungan perusahaan.

2. Menciptakan pemimpin yang lebih baik

Stres bisa saja terjadi di tempat kerja, apalagi jika berkaitan dengan pekerjaan, deadline, peran manajemen atau kepemimpinan. Tapi dengan ungkapan rasa syukur, stres tersebut dapat diminimalisir. Ungkapan rasa syukur memiliki efek yang mendalam dan positif pada kesehatan dan suasana hati kita sehingga dapat membantu menciptakan emosi positif dan perasaan gembira, yang dapat diterjemahkan ke dalam peningkatan keterlibatan dan interaksi produktif di tempat kerja.

Lingkungan kantor yang seperti ini akan menciptakan sosok pemimpin yang menghargai karyawannya dan hal ini tentunya sangat berharga bagi perusahaan. Apalagi menurut sebuah penelitian, 50% karyawan akan lebih sukses ketika para pemimpin menunjukkan rasa terima kasih atas upaya mereka.

3. Berdampak positif pada budaya perusahaan

Budaya perusahaan adalah hal yang menjadi pedoman perusahaan dalam mengelola karyawan dan bisnisnya. Budaya perusahaan juga menjadi essential factor dalam  dalam upaya retensi karyawan dan menarik talenta terbaik untuk bergabung.

Saat perusahaan mempraktekkan rasa syukur di tempat kerja (baik secara pribadi maupun mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama), karyawan akan lebih bahagia, lebih produktif, dan dapat menarik talenta – talenta baru untuk masuk ke perusahaan, apalagi saat ini orang – orang juga melihat perusahaan bukan hanya sebagai tempat untuk bekerja tapi juga tempat di mana mereka lebih mungkin untuk menikmati waktu dan berkembang.

4. Mendorong kesuksesan perusahaan

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan. Jika karyawan merasa puas, mereka akan bekerja lebih baik dan memberikan kontribusi terbaik juga untuk perusahaan. Budaya rasa syukur yang diterapkan perusahaan dengan konsisten akan mengarah ke tingkat keterlibatan, kepuasan, dan produktivitas karyawan yang lebih tinggi sehingga mendorong inovasi dan kinerja perusahaan yang lebih besar.

Karena banyak sekali manfaat dari memiliki budaya syukur yang kuat di tempat kerja, Anda para HR, divisi sumber daya dan para pemimpin tentunya perlu memprioritaskan ungkapan penghargaan dan rasa terima kasih yang tulus dan konsisten kepada orang-orangnya agar mencapai tujuan yang diinginkan.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari Benefitexpress dan Forbes.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!