Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Employee Engagement Yang Baik = Kunci Produktivitas Perusahaan
For Employer

Employee Engagement Yang Baik = Kunci Produktivitas Perusahaan

Karina

June 28 • 4 min read

employee-engagement-yang-baik-kunci-produktivitas-perusahaan

Employee engagement adalah sikap atau kondisi di mana karyawan merasa memiliki hubungan emosional dengan perusahaan.

Motivasi untuk bekerja lebih keras, passionate dalam pekerjaan mereka dan memiliki peran yang baik di perusahaan merupakan bagian dari employee engagement. Perusahaan harus selalu ingat bahwa employee engagement yang baik akan mengarah pada produktivitas karyawan di tempat kerja, dan ini menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, perkembangan di perusahaan dan tentunya mendorong semua orang di perusahaan untuk memberikan keunggulan mereka setiap hari, berkomitmen terhadap tujuan dan value perusahaan.

Pada dasarnya, employee engagement yang baik akan menjadikan karyawan menjadi pekerja yang berkomitmen untuk bertahan dengan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang dan memberikan kontribusi paling besar pada perusahaan.

Dilansir dari jurnal NCBI (National Centre for Biotechnology Information) berjudul Employee Engagement Practices During COVID‐19 lockdownemployee engagement memiliki banyak sekali dampak positif terhadap keberlangsungan perusahaan :

Peningkatan Prestasi Kerja

Employee engagement dapat digunakan sebagai mediator menuju peningkatan prestasi kerja.

Untuk mengembangkan sikap, niat, dan perilaku karyawan melalui employee engagement, manajer harus didukung oleh eksekutif untuk memberikan bantuan pengembangan, dukungan karir, dan pengakuan kepada kayawan untuk meningkatkan prestasinya. Faktor – faktor ini dapat meningkatkan keterlibatan karyawan secara efektif.

Komitmen perusahaan

Employee engagement berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen perusahaan.

Selain berpengaruh positif terhadap komitmen perusahaan employee engagement juga ditemukan sebagai determinan atau komponen penting komitmen perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak karyawan yang terlibat di tempat kerja, semakin tinggi komitmen mereka terhadap perusahaan atau institusi

Kepuasaan kerja

Terdapat hubungan positif antara kepuasan kerja dengan employee engagement.

Fakta ini menjelaskan bahwa tingkat employee engagement yang lebih tinggi menghasilkan ketidakhadiran dan stres kerja yang lebih rendah dan kesejahteraan dan kesehatan karyawan yang lebih baik.

Kinerja bisnis

Employee engagement berpengaruh pada bottom line perusahaan dan terkait erat dengan kinerja bisnis.

Artinya employee engagement menghasilkan keuntungan bisnis seperti penghematan biaya dan waktu jika perusahaan menyediakan value perusahaan yang kuat di mana karyawan merasa penting, diakui dan didukung oleh perusahaan. Memberikan kepercayaan kepada karyawan, birokrasi yang tidak terlalu rumit dan pemimpin yang bertindak sebagai panutan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan karyawan

Kepuasan komunikasi

Ditemukan peran signifikan dari kepuasan komunikasi internal dalam employee engagement  yang tinggi.

Kepuasan komunikasi internal dan employee engagement,  keduanya merupakan konsep yang saling berkorelasi. Karyawan yang engage memiliki hubungan emosional dengan pekerjaan mereka serta perusahaan mereka. Employee engagement yang tinggi membuat karyawan selalu dapat percaya pada pemimpin perusahaan. Oleh karena itu, karyawan yang engage lebih berdedikasi dan berkomitmen terhadap pekerjaan mereka serta perusahaan.

Fakta – fakta di atas jelas membuktikan betapa pentingnya employee engagement bagi keberlangsungan perusahaan. Employee engagement harus menjadi proses pembelajaran, perbaikan, dan tindakan yang berkelanjutan yang dilakukan. Oleh karena itu, perusahaan sekarang ini harus secara aktif meningkatkan dan memelihara employee engagement mereka untuk memenuhi harapan karyawan dan menghasilkan dampak pada kinerja karyawan, yang secara langsung berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Perusahaan yang berhasil dalam membangun employee engagement yang kuat akan dapat melewati guncangan – guncangan atau hal yang tidak diinginkan dan sukses di masa depan.

employee-engagement-yang-baik-kunci-produktivitas-perusahaan

Artikel dilansir dari Harver dan NCBI.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!