Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Employer Branding Activation: Tidak Sekadar Jadi Perancang Acara
For Employer

Employer Branding Activation: Tidak Sekadar Jadi Perancang Acara

Karina

November 13 • 5 min read

Semenjak munculnya COVID-19, seluruh kegiatan yang sebelumnya dilakukan tatap muka harus dilakukan secara virtual, seperti aktivitas di lingkungan sekolah atau kerja. Tak terkecuali divisi di Kalibrr Indonesia, Employer Branding Activation pun harus melakukan penyesuaian dikarenakan pekerjaan yang sebelumnya sangat membutuhkan aktivitas tatap muka dan mobilitas yang tinggi.

Divisi Employer Branding Activation selalu identik dengan perancangan hingga eksekusi sebuah acara Employer Branding yang ingin diselenggarakan oleh perusahaan. Berbeda dari event organizer yang merupakan sebuah institusi tersendiri, Kalibrr Indonesia memiliki divisi Employer Branding Activation yang bertujuan untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan eksposur mereka di publik lewat program perekrutan talenta baru yang unik.

Menurut Andrew, asisten manajer dari divisi Employer Branding Activation Kalibrr Indonesia,

“Kalau di Kalibrr Indonesia, divisi Employer Branding Activation enggak sekadar menyelenggarakan acara, program atau kampanye, kami juga membuka kesempatan untuk klien konsultasi. Kami memberikan saran, referensi, bagaimana (acara, program, atau kampanye rekrutmen) yang baik, yang bisa sesuai dengan target talent biar relevan dan pesannya juga konsisten,”

Tatap muka dalam perancangan, konsultasi hingga eksekusi kegiatan menjadi kegiatan wajib bagi divisi Employer Branding Activation, agar seluruh pesan dapat tersampaikan dengan baik antara penyelenggara dan tim lain yang ikut membantu mensukseskan kegiatan. Namun, kini, mereka semua harus bisa beradaptasi dengan cepat dan baik agar seluruh kegiatan tetap bisa berjalan dan terselenggarakan dengan maksimal walaupun dari tempat tinggal masing-masing.

“Kesulitan sekarang ya, karena semua kegiatan meeting ataupun activation employer branding jadi virtual tanpa tatap muka, yang pertama komunikasi. Karena kami harus terus-menerus berkomunikasi dengan klien dan tim, dan namanya manusia, pasti face-to-face communication jadi suatu kewajiban,” lanjut Andrew.

Menurutnya, “Menariknya, dari pandemi ini yang kami pelajari adalah adaptasi. Enggak mudah adaptasi dalam sehari atau dua hari terus langsung terbiasa. Biasanya dengan klien bisa ketemu langsung, ngobrol konsep bisa tertulis menggunakan seluruh media yang ada. Sekarang, sudah terbiasa dengan penyelenggaraan virtual, sudah terbiasa pakai Whatsappvideo conference, dan sebagainya. Walaupun ada jarak yang memisahkan, tapi kami di Kalibrr Indonesia bisa selalu memberikan hasil yang terbaik untuk klien” katanya lagi.

Hal ini terbukti dari keberhasilan Andrew dan timnya dalam menyelenggarakan acara employer branding seperti seri kompetisi coding dari sebuah perusahaan nasional, online recruitment management dari beberapa perusahaan multinasional di Indonesia, online sourcingonline branding, dan beberapa kegiatan lainnya yang berhasil menjadi portofolio baru bagi Kalibrr Indonesia di tengah situasi pandemi ini.

“Keadaan pandemi seperti ini jadi kesempatan untuk saya dan tim belajar mengenai banyak hal. Banyak ruang untuk bertumbuh. Dulu, enggak pernah terpikir untuk menyelenggarakan kegiatan employer branding yang full 100% online, tapi ternyata employer branding online juga dapat memberi strategi-strategi yang sesuai dan unik untuk tiap perusahaan agar mereka tetap bisa menjalankan employer branding-nya dan merekrut para talenta baru di luar sana. Ini, sih, yang penting menurut saya, ruang untuk bertumbuh dan mengerti klien-klien Kalibrr Indonesia yang datang dari berbagai latar belakang usaha dan tujuan,” tutur Andrew yang dihubungi via online.

Selain itu, Andrew juga bercerita bahwa Kalibrr Indonesia percaya bahwa dalam situasi apapun, perusahaan masih bisa melakukan kegiatan aktivasi employer branding dan berbagai kegiatan rekrutmen dengan cara-cara baru yang menarik sehingga meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap kandidat yang melamar.” tutup Andrew.

Kalibrr is a recruitment technology company that aims to transform how candidates find jobs and how companies hire talent. Placing the candidate experience at the center of everything it does, we continue to attract the best talent from all over, with more than 5.5 million professionals and counting. Kalibrr ultimately connects these talents to companies in search of their next generation of leaders.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!