Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Foto Di Lamaran Kerja, Bagusnya Kayak Gimana Sih?
For Jobseeker

Foto Di Lamaran Kerja, Bagusnya Kayak Gimana Sih?

Karina

January 14 • 6 min read

Kamu sudah memantapkan diri untuk melamar pekerjaan, bagus! Semangat, perjalanan kamu baru dimulai. Apakah kamu sudah memilah pas foto yang benar untuk ditampilkan dalam lamaran kerja?

Mungkin tidak terlalu krusial, namun melampirkan foto dalam CV atau surat lamaran kerja, bisa menambah besar peluang agar dokumen lamaran kerja kamu bisa lolos screening yang dilakukan oleh HR.

Baca dulu Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Disuka HRD

Kenapa Melampirkan Foto itu Penting?

Bayangkan kamu datang ke sebuah restoran, dimana dalam daftar menu hanya di sajikan tulisan, tanpa ada foto yang melengkapi seperti apa bentuk makanan yang akan kamu pesan.

Foto menjadi salah satu faktor penting, bahkan untuk orang yang melamar pekerjaan, lho!

Setidaknya, hal-hal ini menjadi alasan kenapa kita perlu melampirkan foto dalam surat lamaran kerja, CV, hingga resume yang akan kita daftarkan ke sebuah perusahaan. Apa saja yang jadi alasan lain? coba simak di bawah ini:

Personal Branding

Karena foto menampilkan sebagian dari kepribadian kita. Jika kita hendak menampilkan kesan profesional, kita pasti akan berfoto mengenakan pakaian yang formal.

Sebaliknya, kadang untuk menampilkan kesan kreatif, kita akan menampilkan foto dengan konsep aestetik, dsb.

Dari konsep foto tersebut yang kemudian akan menampilkan personal branding kita, yang secara tidak langsung akan bercerita kepada HR.

Menambah Estetika CV

Selain elemen gambar yang ada di CV, foto ternyata bisa menjadi elemen penambah estetika, yang tentu saja akan menambah daya tarik.

Terlbih jika foto yang ditampilkan memiliki konsep yang berbaur dengan CV, seolah-olah CV merupakan bagian dari portofolio.

Namun sekali lagi, itu semua konsep yang tidak mengikat, ya. Setidaknya beberapa hal di bawah ini menjadi standar jika kamu ingin melampirkan foto pada CV, simak tipsnya berikut ini!

Jangan gara-gara mau terlihat estetik, tapi foto di CV kamu malah nggak kelihatan mukanya sama sekali, atau blur karena foto diambil terlalu jauh.

Zaman sekarang memang pemilihan foto CV nggak perlu yang terlalu formal, tetapi perlu diingat kalau CV juga perlu memperlihatkan muka kamu, karena itulah yang mau rekruter lihat. Jadi, pastikan minimal 75% muka kamu terlihat jelas, ya!

1. Tampak Depan, pastikan 75% bagian wajah terlihat jelas

Selain terlihat jelas, usahakan juga foto CV kamu supaya menghadap ke depan, bukan ke samping. Ingat kalau kamu ingin melamar pekerjaan, jadi jangan sampai foto CV kamu terlihat seperti foto yang biasa digunakan di akun media sosial kamu alias foto ala-ala yang muka kamu pun jadi nggak bener-bener keliatan.

2. Natural Touching, Tidak Perlu Di Edit Berlebihan

Masih ada sebagian orang yang nggak pede sama dirinya sendiri dan memutuskan buat mengedit fotonya sampai terlihat memuaskan buat dia.

Eh, tapi tunggu dulu, kembali lagi kamu harus tahu foto yang kamu edit ini konteksnya untuk apa. Kalau untuk foto CV, sih, sebenarnya nggak perlu diedit berlebihan karena kamu disini untuk mencari pekerjaan, bukan jodoh!

3. Gunakan Pakaian Formal, Minimal Berkerah

Banyak yang masih suka bingung harus mengenakan baju yang kayak gimana buat foto CV. Sebenarnya, nggak apa-apa kalau kamu mau pakai baju yang sedikit lebih santai, asal gunakan baju yang sopan dan minimal ada kerahnya. Jangan sampai kamu malah mengenakan baju kaos yang bagian lehernya terlalu rendah dan semacamnya. Ingat, foto kamu bakal jadi hal pertama yang dilihat oleh rekruter, loh.

4. Gunakan Background Polos, Warna bisa disesuaikan

Yang terakhir adalah, background foto! Usahakan background foto kamu sepolos mungkin. Sebenarnya, di zaman sekarang foto CV sudah banyak banget variasinya. Tapi, tetap harus dipikirkan background seperti apa yang cocok untuk dijadikan foto CV dan jangan asal foto di sembarang tempat. Hindari tempat-tempat yang terlalu ramai dan banyak orang.

Itulah tadi beberapa tips membuat foto di CV yang baik. Yang paling penting lagi, ingat agar tidak memasang foto yang berlebihan di CV kamu dan tetap tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang smart dan humble. Dengan begitu, rekruter akan tertarik untuk scanning profil kamu lebih jauh.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!