Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Hybrid Skills Dan Serba Serbinya
For Jobseeker

Hybrid Skills Dan Serba Serbinya

Karina

July 23 • 5 min read

hybrid-skills-dan-serba-serbinya

Selama beberapa tahun terakhir, pasar tenaga kerja di Amerika Serikat telah mengalami tren menuju hibridisasi yang semakin besar. Seperempat dari semua pekerjaan di perekonomian Amerika Serikat menunjukkan tanda – tanda hibridisasi yang kuat, dan hampir secara universal tumbuh paling cepat dan juga yang paling bertahan terhadap otomatisasi, dilansir dari penelitian terbaru oleh Burning Glass.

Apa Itu Hibridisasi?

Hibridisasi adalah tren kuat yang mengubah pasar tenaga kerja dan mengubah apa yang dicari perusahaan pada diri karyawan yakni melalui hybrid skill atau keterampilan gabungan. Pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi ekonomi telah mengubah karakter pekerjaan yang telah ada sebelumnya.

Seseorang disebut memiliki hybrid skill jika mereka dapat mengkombinasikan antara hard skill dengan soft skill yang mereka punya. Hybrid skills ini juga harus dicantumkan pada resume. Tetapi, definisi atau pengertian spesifik dari hybrid skills akan sangat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan maupun rekruter ke rekruter lainnya. Hal ini bergantung pada kebutuhan spesifik perusahaan, departemen, dan posisi yang dilamar oleh seorang kandidat serta preferensi dari sang rekruter sendiri. Kadang ada perusahaan atau rekruter yang memilih kandidat dengan hybrid skill dengan lebih banyak hard skill dibandingkan soft skillnya. Ada juga yang lebih memerlukan soft skill atau ada juga yang memperhatikan keseimbangan antara kedua jenis skill tersebut. Keputusan terkait hal tersebut benar – benar tergantung dari perusahaan.

Apa Artinya Bagi Pekerja Dan Perusahaan?

Dalam website Robert Walter Indonesia, dikatakan bahwa perekonomian Indonesia telah mencapai US$40 miliar, di mana tumbuh lima kali lipat dibandingkan US$8 miliar pada tahun 2015 lalu, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi baru tercepat dalam lima tahun terakhir di Asia Tenggara. Kondisi ini tentunya mendorong tingginya permintaan akan profesional tech-savvy termasuk manajer dengan keterampilan hybrid yang akan banyak dicari di tahun 2020 ditambah berkembangnya teknologi di masa depan.

Karena hybrid skill ini telah muncul sebagai tren, maka untuk menghadapi hal ini perusahaan dan para pekerja tentunya harus mempersiapkan diri. Perusahaan dapat melakukan upaya dengan memberikan pembelajaran online kepada karyawan untuk berperan dalam pengaturan perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan pembelajaran online untuk membantu karyawan mendapatkan keterampilan “hybrid” mereka yang mereka butuhkan untuk hybrid jobs. Pembelajaran seperti analisis data, skill komunikasi bahkan skill khusus di bidang teknologi juga bisa daja diberikan, untuk memberdayakan para karyawan. Dengan memberikan pembelajaran online ini diharapkan adanya peningkatan kemampuan sekaligus melatih kembali karyawan dengan cepat untuk memenuhi tuntutan hybrid jobs.

Hybrid Skills Adalah Masa Depan

Hybrid skills serta hybrid jobs diyakini akan bergerak kuat dan membawa perubahan yang berarti pada semua industri pekerjaan. Ketika hybrid jobs tumbuh, perusahaan akan dapat melihat bagaimana cara melakukan bisnis dengan lebih efisien dan efektif.

Bayangkan jika di perusahaan terdapat seorang profesional dalam pemrograman dapat melakukan periklanan serta menarik data dari hal tersebut, hal yang sangat menarik bukan? Kinerja perusahaan tentu akan sangat efektif. Atau jika perusahaan memiliki seorang manajer produk yang tidak hanya dapat mengembangkan dan meluncurkan produk yang dibutuhkan pelanggan, tetapi juga dapat mengkomunikasikan keberhasilan produk mereka sehingga mengetahui dimana letak kekurangan maupun keberhasilan perusahaan.

Saat hybrid skills dan hybrid jobs nanti menjadi suatu hal yang biasa, kita akan dapat membayangkan masa depan di mana perusahaan – perusahaan akan bekerja dengan lebih kolaboratif, komunikatif yang akan mengarah pada ekonomi yang lebih efisien, produktif, dan imajinatif. Banyak hal menggairahkan yang dapat diraih jika nantinya hybrid skills dan hybrid jobs ini berkembang apalagi ditambah dengan era digital yang membantu perkembangan ini terjadi. Ekonomi akan semakin sukses serta negara juga akan semakin maju.hybrid-skills-dan-serba-serbinya

Artikel dilansir dari mediumzippia dan robertwalters

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!