Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Terlalu Egois di Kantor, Siap-Siap Terima Risiko ini, yah!
For Employer

Terlalu Egois di Kantor, Siap-Siap Terima Risiko ini, yah!

Karina

Januari 10 • 5 menit membaca

Setiap orang pasti punya keinginan untuk bisa menunjukkan keunggulan dirinya di hadapan orang lain. Hal ini juga berlaku di kantor, dimana semua orang pasti ingin menjadi lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Bagus memang, kamu jadi punya motivasi untuk menunjukkan kemampuan kamu, tetapi nggak selamanya hal ini bagus lho.

Terlalu mementingkan diri seperti ini bisa membuat kamu menjadi orang yang egois. Sebenarnya, banyak pengertian tentang orang yang egois seperti beberapa diantaranya adalah orang yang nggak mau mengalah dengan orang lain, dan orang yang nggak mau tau apakah yang dia lakukan akan merugikan orang lain atau nggak.

Selain itu, orang egois biasanya definisikan juga dengan orang yang mementingkan dirinya sendiri. Tapi, tentu imbas dari sifat ini juga akan berdampak pada orang lain di sekitarnya. Wah, jangan sampai kita menjadi orang yang egois dan dibenci orang-orang, ya.

Nah, sifat egois ini juga suka muncul tanpa kita sadari di kantor. Kira-kira, kamu termasuk orang yang egois nggak, ya? Kalau iya, kamu perlu baca beberapa kerugian yang bisa kamu rasakan kalau menjadi terlalu egois di kantor! Yuk, kita simak.

Orang yang selalu mau menang sendiri biasanya nggak punya teman, karena orang lain pasti malas untuk berhubungan dengan orang yang nggak punya rasa empati ke orang lain dan hanya mementingkan dirinya sendiri saja. Orang yang egois biasanya nggak akan malu buat bertindak semaunya untuk mendapatkan keuntungan walaupun orang lain justru rugi karena kelakuan dia, karena yang terpenting adalah dirinya sendiri, bukan orang lain.

2. Membuatmu semakin jauh dengan ide-ide baru

Terlalu egois juga bisa membuat kamu menjadi orang yang hanya terfokus pada satu hal. Kok gitu, ya? Itu karena kamu hanya akan memikirkan diri kamu sendiri, dan lupa kalau masih banyak hal-hal lain yang ada di sekitar kamu, termasuk ide-ide baru yang bisa membantu diri kamu untuk berkembang menjadi lebih baik.

3. Bikin hidupmu nggak bahagia

Orang yang egois juga biasanya hidupnya nggak bahagia, karena selalu ada perasaan takut untuk kalah dari orang lain. Jadi, setiap hari bisa hanya dihabiskan untuk menutupi celah yang mungkin bisa membuat orang lain menjadi lebih dari dirinya sendiri. Kalau kamu termasuk ke dalam daftar orang yang egois, coba kamu lihat dirimu sendiri di depan cermin dan bertanya, apa kamu sudah bahagia dengan hanya mementingkan dirimu sendiri aja?

4. Bikin kamu jadi orang paling nyebelin

Nah, yang terakhir ini mungkin adalah yang paling tepat untuk menggambarkan orang yang egois; yaitu nyebelin! Orang yang egois sudah pasti akan menjadi orang yang nyebelin karena nggak mau peduli dengan orang lain dan hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Karena kebiasaan inilah, kamu bisa dijauhi oleh banyak orang. Ketika orang mau membantu kamu, mereka bisa mundur mengingat adalah orang yang egois. Jadi, hati-hati, deh!

Itulah tadi beberapa kerugian yang bisa kamu rasakan kalau kamu memilih untuk menjadi orang yang egois di kantor. Jangan menyalahkan orang lain, ya, sekiranya kamu jadi nggak punya teman atau dijauhi oleh rekan-rekan kerja kamu. Mulailah coba untuk intropeksi diri sendiri dan cari cara untuk berhenti menjadi orang yang egois. Jangan lupa untuk bersikap peduli dengan sekitar juga. Semangat, ya!

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!