Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Lebih Banyak Tantangan Saat Bekerja
For Jobseeker

Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Lebih Banyak Tantangan Saat Bekerja

Karina

March 13 • 6 min read

Bekerja memang menjadi sebuah tahap yang mau nggak mau akan kamu lalui sebagai manusia dewasa. Sebuah fase yang penuh dengan drama dan lika-liku di dalamnya. Sebuah fase yang membuat hidupmu bisa jauh lebih baik dari sebelumnya, dan mungkin akan membawamu ke dalam mimpi yang terus membayangi alam bawah sadar kamu selama ini. Namun, nggak jarang juga banyak di antara para pekerja yang cepat puas berada di zona nyaman, dan nggak mau berpindah. Wah, apakah ini hal yang bagus?

Mengutip dari Albert Einstein yang bilang bahwa hidup itu seperti belajar naik sepeda, tentu kita harus bergerak untuk terus dapat berjalan. Seperti itu pula situasi yang mungkin harus kita hadapi di dunia kerja. Itu berarti, suka atau nggak suka, kamu butuh banyak tantangan saat bekerja. Nah, berikut beberapa alasan lainnya kenapa kamu butuh tantangan di dunia kerja.

 

1. Membuat Karir Kamu Mati di Tempat

Alasan pertama yang paling memungkinkan jika kamu nggak suka tantangan di tempat kerja antara lain terkait dengan perjalanan karir kamu sendiri. Karena sejatinya setiap jenjang karir itu berasal dari setiap tantangan yang berhasil kamu hadapi.

Makanya kamu akan selalu membutuhkan yang namanya tantangan di setiap pekerjaan kamu, apapun itu. Dengan begitu, kamu akan punya kesempatan yang lebih banyak untuk menempa dirimu, sehingga lebih layak untuk ditempatkan di posisi yang lebih baik lagi dalam karir kamu.

 

2. Kepuasan Batin Tersendiri

Setiap orang mungkin punya preferensi yang berbeda-beda di dalam hidupnya, ada yang suka dengan hal baru, ada juga yang lebih suka untuk berdiam diri pada situasi nyaman mereka. Namun, setiap orang pasti punya satu hal yang sama, yaitu kepuasan. Betul, bukan?

Kepuasan batin seringkali membuat hidup kita terasa berwarna. Begitu juga dalam hal pekerjaan, kita pasti nggak suka banget sama yang namanya kegiatan monoton dan seragam. Maka dari itu, kamu butuh banget sama yang namanya tantangan, supaya kamu punya kepuasan batin tersendiri dan membuat hidup kamu lebih berwarna.

 

3. Prestasi untuk Diceritakan ke Anak & Cucu

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menerima tantangan adalah warisan. Eits, warisan yang dimaksud bukan melulu soal harta, yah! Warisan yang dimaksud di sini adalah warisan berupa cerita dan pengalaman, yang bisa kamu ceritakan kepada anak dan cucu kamu nanti.

tips kerja

Termasuk juga soal prestasi yang sudah kamu dapatkan selama bekerja. Yang namanya prestasi, tentu saja didapatkan dari keberhasilan kamu mengerjakan sebuah tantangan. Maka dari itu, kamu perlu banget yang namanya tantangan supaya kamu bisa punya prestasi yang bisa kamu ceritakan kepada anak dan cucu kamu kelak.

 

4. Terhindar dari Rasa Bosan

Sama seperti poin soal kepuasan batin tadi, manusia itu hidup juga nggak luput dari yang namanya rasa bosan. Ini berlaku untuk semua pekerja, siapapun itu, termasuk kamu. Kita semua pasti pernah bertemu yang namanya kebosanan.

Rasa bosan itu bisa muncul dari setiap kegiatan kamu yang monoton, apalagi dalam hal pekerjaan. Maka dari itu, jika kamu ingin terhindar dari rasa bosan, menghadirkan tantangan pada setiap keseharianmu bekerja bisa membuatmu terhindar dari kebosanan.

 

5. Mendewasakan Dirimu

Ada ungkapan dari orang bijak yang berkata bahwa setiap pendewasaan itu terlahir dari setiap pengalaman yang kita hadapi. Semakin banyak pengalaman, akan semakin banyak pula pelajaran yang bisa kamu petik.

Dan coba tebak, setiap pengalaman itu hadir saat kamu menerima banyak tantangan dalam pekerjaan kamu. Nah, masa kamu mau kehilangan pengalaman berharga yang bisa mendewasakan dirimu, hanya karena kamu nggak mau terima tantangan? Maka dari itu, inilah mengapa kita butuh banget sama yang namanya tantangan.

 

lamar-sekarang

 

Itu tadi beberapa alasan kenapa kamu membutuhkan tantangan dalam pekerjaan kamu. Semoga bisa membuat kinerja kamu semakin meningkat, yah! Tetap semangat untuk mengejar suksesmu, jadi apapun yang kamu mau.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!