Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Jaga Kesehatan Mental Karyawan di Perusahaan Dengan Langkah Ini
For Employer

Jaga Kesehatan Mental Karyawan di Perusahaan Dengan Langkah Ini

Karina

October 10 • 3 min read

Dilansir dalam jurnal NCBI (National Centre for Biotechnology Information), mental health atau kesehatan mental karyawan hal yang semakin diakui merupakan penentu penting dalam kesehatan mereka secara keseluruhan. Kesehatan mental yang buruk dan stresor di tempat kerja dapat menjadi faktor penyebab berbagai penyakit fisik seperti hipertensi, diabetes dan kondisi kardiovaskular. Selain itu, kesehatan mental yang buruk juga dapat menyebabkan kelelahan di antara karyawan, yang secara serius mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkontribusi secara maksimal dalam kehidupan pribadi maupun profesional mereka. Perusahaan tentunya tidak bisa mengabaikan hal ini.

Apa Yang Dapat Perusahaan Lakukan Untuk Memprioritaskan Kesehatan Mental Karyawan?

Dalam laman Forbes disebutkan beberapa cara agar perusahaan dapat mengurangi masalah kesehatan mental karyawan yang terjadi atau bahkan mengubahnya menjadi aset positif menuju kesuksesan perusahaan, yaitu:

1. Terbuka tentang masalah kesehatan mental

Sebagai permulaan, untuk dapat memprioritaskan kesehatan mental karyawan di tempat kerja Anda dapat menjadikannya sebagai bagian dari budaya perusahaan. Jadikan pembicaraan terkait masalah kesehatan mental menjadi percakapan yang tidak tabu. Buat karyawan nyaman membicarakannya dengan memulai sebuah percakapan dengan mereka.

2. Berinvestasi dalam kesehatan mental karyawan

Tentu saja, tidak akan pernah cukup untuk membicarakannya jika Anda tidak mendukung kata – kata Anda dengan kebijakan dan program. Anda benar – benar dapat menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa kesehatan mental adalah prioritas dengan menginvestasikan sumber daya menuju manfaat kesehatan mental yang benar – benar membantu. Sebagai seorang pemimpin, Anda dapat memastikan tempat kerja Anda bukanlah pengaruh yang berbahaya terhadap kesehatan mental karyawan, tetapi tempat mereka benar – benar dapat mencari dukungan.

3. Membangun program dan menyediakan sumber daya yang bermanfaat

Tujuan Anda adalah memprioritaskan kesehatan mental karyawan sehingga produktivitas dapat terjadi bukan?

Hal tersebut merupakan proses berkelanjutan yang tentunya harus Anda bangun dan terus melakukan penilaian. Bangunlah suatu program terkait kesehatan mental karyawan dan sediakan sumber daya yang relevan dan bermanfaat untuk hal tersebut. Sumber daya yang ideal tidak hanya memberikan insentif yang baik untuk karyawan tapi juga menawarkan manfaat nyata bagi perusahaan secara keseluruhan dengan menguntungkan setiap orang di perusahaan.

Pengembangan dan penerapan kebijakan program kesehatan mental di tempat kerja akan bermanfaat bagi kesehatan karyawan. Buatlah strategi terbaik untuk program kesehatan mental di perusahaan Anda!

CTA-contact-us
Artikel dilansir dari NCBI dan Forbes.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!