Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Manpower Planning: Pengertian dan Tujuannya Untuk Perusahaan
For Employer

Manpower Planning: Pengertian dan Tujuannya Untuk Perusahaan

Karina

December 05 • 4 min read

Manpower Planning atau yang juga disebut sebagai Perencanaan Sumber Daya Manusia adalah perencanaan yang terdiri dari menempatkan jumlah orang yang tepat, jenis orang yang tepat di tempat yang tepat, waktu yang tepat, dan melakukan hal-hal yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan sumber daya manusia merupakan proses yang berkelanjutan yang tidak pernah berakhir karena fungsinya adalah untuk memastikan bahwa bisnis atau perusahaan memiliki sumber daya yang dioptimalkan.

Setiap tahunnya, sangat direkomendasikan bagi para praktisi dan divisi sumber daya manusia untuk membuat perencanaan sumber daya manusia ini untuk mengetahui apa yang sudah dicapai di tahun ini dan tahun sebelumnya serta apa yang ingin diraih di tahun – tahun berikutnya. Apalagi hidup adalah sesuatu yang dinamis, dengan setiap peristiwa yang mungkin terjadi seperti perubahan dinamika industri, peningkatan persyaratan bisnis, keterampilan yang dibutuhkan untuk teknologi tertentu, dan lain – lain, kebutuhan akan sumber daya pasti mengalami perubahan. Segera lakukan perencanaan sumber daya atau manpower planning untuk mempersiapkan dan memantau pertumbuhan sumber daya di masa depan.

Perencanaan sumber daya manusia memiliki banyak tujuan, seperti:

Tingkat Kepegawaian

Tingkat kepegawaian dapat berubah karena banyak faktor. Tujuan dari perencanaan sumber daya adalah untuk memprediksi kebutuhan tingkat staf dan untuk memastikan setiap departemen memiliki staf yang tepat. Maka dari itu departemen sumber daya manusia di perusahaan perlu melihat bagaimana kenaikan permintaan dalam pekerjaan tertentu dan juga bagaimana kondisi sumber daya di perusahaan.

 

Kebutuhan Masa Depan

Salah satu fungsi manpower planning adalah mengantisipasi kebutuhan perusahaan di masa depan dan memulai proses pencarian kandidat yang berkualitas. Departemen sumber daya manusia perlu dilibatkan dalam semua aspek perencanaan bisnis untuk mempersiapkan proses pengembangan untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

Menyesuaikan Keterampilan

Akan dirasa lebih mudah dan murah untuk memanfaatkan sumber daya atau karyawan yang ada daripada mempekerjakan karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dalam perusahaan. Karena mempekerjakan karyawan baru harus memerlukan biaya perekrutan, biaya pelatihan, dan biaya produktivitas yang cukup tinggi. Dengan melakukan perencanaan sumber daya manusia, HR dapat melihat dan melacak keahlian setiap karyawan dan menawari mereka promosi atau posisi kerja yang baru dibanding harus mencari orang lain di luar perusahaan.

 

Efisiensi

Perusahaan perlu memanfaatkan tenaga kerjanya secara efisien untuk menjaga produktivitas dan juga menjaga semangat kerja karyawan tetap tinggi. Dengan mengembangkan perencanaa seperti mengembangkan posisi part time/magang, menciptakan shift kerja, menawarkan lembur atau membuat program pelatihan khusus dapat memaksimalkan efisiensi tenaga kerja.

Dengan melakukan perencanaan tenaga kerja sangat membantu suatu organisasi untuk mengelola sumber daya manusianya dengan cara yang lebih baik dan lebih efektif dengan situasi yang dinamis. Semua perusahaan, terutama yang memiliki perputaran (turnover) tenaga kerja yang tinggi harus secara sistematis melakukan perencanaan sumber daya manusianya dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Segera siapkan Manpower Planning Anda di 2022 dan raih semua tujuan Anda!

 

CTA

Artikel dilansir dari Economicdiscussion dan Smallbusiness.chron.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!