Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Pentingnya Investasi Kesehatan Pekerja untuk Perusahaan
For Jobseeker

Pentingnya Investasi Kesehatan Pekerja untuk Perusahaan

Karina

November 06 • 6 min read

Good health is good business”, pernahkah Anda mendengar kata bijak tersebut? Pekerja yang sehat baik secara fisik dan psikis bisa menjadi gambaran dari kesehatan perusahaan tempatnya bekerja. Malah, perusahaan yang tidak memperhatikan kesehatan pekerjanya, dan memberikan tekanan besar dan lingkungan kerja yang tidak sehat bagi pekerjanya bisa merugikan perusahaan itu sendiri, mulai dari segi brand hingga biaya pengeluaran.

Menurut survei yang dirangkum dari Harvard Business Review, perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat mengalami kerugian 500 miliar dolar AS setiap tahunnya akibat pekerja yang sakit dan merasa stres dalam pekerjaannya. Lebih dari 80 persen reimburse yang dilakukan perusahaan merupakan reimburse untuk kunjungan pekerja ke dokter. Lebih daripada itu, produktivitas pekerja juga bisa terganggu dan mengganggu operasional perusahaan jika pekerja sakit.

Untuk itulah, kini banyak perusahaan yang mulai memperhatikan kesehatan pekerjanya lewat program employee health wellness. Definisi program employee health wellness di sini pun tersebar dari kesehatan fisik, mental, hingga kesehatan sosial dari pekerja, karena untuk kesehatan, tidak hanya dibutuhkan tubuh yang fit dan mampu berkonsentrasi secara maksimal, melainkan juga bebas dari stres dan bebas dari lingkungan kerja yang toxic.

Terdapat tiga kerugian utama yang bisa dialami perusahaan jika tidak memperhatikan kesehatan pekerjanya, antara lain:

  1. Munculnya penyakit-penyakit metabolisme tubuh, kardiovaskuler, hingga kematian. Menurut Anna Nyberg dari Karolinska Institute menyebut bahwa semakin tinggi jabatan seseorang di perusahaan, semakin tinggi pula kemungkinan dirinya terjangkit penyakit kardiovaskuler dan penyakit metabolisme tubuh. Selain itu, pekerja yang memiliki atasan yang terlalu
  2. Pekerja yang sakit juga bisa menyebabkan berkurangnya tingkat engagement terhadap perusahaan. Survei yang dibuat oleh Gallup dan Queens School of Business, menyebut bahwa kurangnya engagement pekerja dapat menyebabkan tingginya angka kecelakaan kerja dan kesalahan dalam bekerja dan pengambilan keputusan. Juga pekerja dapat menyebabkan berkurangnya keuntungan perusahaan dan berkurangnya pertumbuhan perusahaan.
  3. Pekerja yang merasa diabaikan perusahaan dari sisi kesehatan dapat menyebabkan rendahnya tingkat loyalitas. Pekerja akan lebih mudah untuk resign, yang pada akhirnya dapat meningkatkan biaya pengeluaran perusahaan untuk merekrut talent yang baru, training, menurunnya tingkat produktivitas, hilangnya kemampuan berpikir kritis secara signifikan. Menurut The Center for American Progress, menggantikan seorang pekerja yang resign bisa menghabiskan biaya lebih dari 20 persen dari gaji pekerja itu sendiri.

Banyak manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan jika mereka menerapkan program employee health wellness untuk pekerjanya sebagai bentuk penghargaan bagi aset terpenting mereka yang telah bekerja untuk memajukan perusahaan. Manfaat dari program employee health awareness antara lain:

  1. Rendahnya tingkat turnover

Program employee health wellness dapat meningkatkan loyalitas pekerja. Mereka juga akan segan untuk berpindah perusahaan karena tempatnya bekerja sekarang sudah memenuhi kebutuhan kesehatan pekerja.

2. Tingkatkan engagement pekerja

Program employee health wellness dapat membangun, memelihara, hingga menguatkan hubungan antara pekerja dan perusahaan serta pekerja dan pekerja. Selain itu, pekerja juga tidak akan segan memberi referrals ke orang lain mengenai perusahaannya dan meningkatkan brand-awareness perusahaan di depan publik.

3. Tingkatkan kemampuan kognitif

Dengan adanya program employee health wellness ini, pekerja bisa menikmati fasilitas perusahaan yang dapat membuat mereka sehat. Pekerja yang sehat bisa meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik, rendahnya tingkat stres dan depresi, serta bisa meningkatkan motivasi pekerja dalam bekerja.

4. Tingkatkan citra perusahaan yang baik

Lewat program employee health awareness, perusahaan bisa meningkatkan visibilitasnya dan meningkatkan brand-awareness perusahaan di hadapan publik. Selain itu, dengan terbangunnya citra perusahaan yang baik dapat menarik minat talent-talent berkualitas untuk bekerja di perusahaan, sehingga mengurangi biaya perekrutan.

5. Menurunkan faktor-faktor penyakit pekerja

Ketika pekerja makan makanan yang sehat dan menjaga kondisi kesehatan tubuh, pekerja bisa mengurangi kemungkinan dirinya terjangkit penyakit, seperti kolestrol, darah tinggi, hingga obesitas. Program employee health wellness juga dapat mempercepat penyembuhan pekerja yang sedang sakit.

Penerapan program employee health awareness bisa menjadi program strategis untuk bisnis dan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan maupun pekerja. Pekerja yang produktif dan efektif bisa meningkatkan brand-awareness perusahaan lebih baik lagi di publik dan kemampuan perusahaan dalam melayani publik lebih baik lagi. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar dalam hal kesehatan pekerja dan biaya perekrutan.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!