Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Sikap Pahlawan yang Dapat Diterapkan di Tempat Kerja
For Jobseeker

Sikap Pahlawan yang Dapat Diterapkan di Tempat Kerja

Karina

November 07 • 5 min read

Pahlawan merupakan sosok yang berjiwa besar dan sangat berjasa terhadap bangsa dan negara serta masyarakatnya. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 10 November nanti biasanya akan diadakan upacara bendera baik oleh sekolah – sekolah, pemerintahan, perusahaan maupun instansi lainnya, namun karena pandemi COVID – 19 kebiasaan tersebut tidak dapat dilakukan.

Sebagai sosok yang berjiwa besar dan sangat berjasa terhadap negara, peringatan hari pahlawan Identik dengan penerapan sikap pahlawan ke kehidupan sehari – hari seperti penerapan sikap nasionalisme dan patriotisme.   Tapi selain sikap tersebut ada banyak contoh sikap pahlawan yang bisa diterapkan sehari – hari, atau bahkan di tempat kerja.

Berikut sikap – sikap yang mencerminkan pahlawan yang dapat diterapkan di tempat kerja:

Berani

Berani yang dimaksud adalah berani bertindak dan mengambil keputusan secara tepat dan benar. Saat di tempat kerja sangat dianjurkan untuk Anda berani mengungkapkan pendapat saat dirasa ada hal yang kurang tepat atau jika pendapatmu dapat membawa perbaikan, tapi perlu diperhatikan juga bagaimana cara menyampaikan pendapat tersebut.

Selain berani mengemukakan pendapat di tempat kerja, sikap berani juga dapat tercermin dari sikap Anda yang bernai mengakui kesalahan yang dilakukan, lalu berani mengambil risiko dari keputusan yang telah diambil.

Rela Berkorban

Di tempat kerja, sikap rela berkorban ini dapat diterapkan dengan saling tolong menolong apabila rekan kerja mengalami kesulitan lalu mendukung antar sesama rekan kerja untuk mendukung tujuan perusahaan. Rela berkorban bukan berarti harus mengorbankan sesuatu yang Anda miliki tapi lebih ke bersedia dengan ikhlas memberikan waktu, tenaga dan pikiran untuk kepentingan perusahaan, jangan lupa juga untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu sebelum melakukan hal tersebut.

Membela Kebenaran dan Keadilan

Zaman dahulu pahlawan telah banyak berkorban demi membela kebenaran dan keadilan Indonesia, bahkan berkorban nyawa. Sifat tersebut dapat mengajarkan kita agar tetap berpegang teguh pada kebenaran dan keadilan sehingga dengan begitu akan membuat kita lebih bertanggung jawab, menghargai dan peduli di tempat kerja contohnya berani mengutarakan pendapat jika merasa ada sesuatu yang salah (tapi ingat untuk mengikuti sistem dan aturan yang berlaku), tidak melakukan perbuatan tercela, lalu bersikap adil dan tidak pilih kasih terhadap bawahan, rekan kerja, serta atasan.

Berjiwa Besar

Sikap ini adalah salah satu sikap teladan pahlawan yang perlu diterapkan di tempat kerja. Dengan memiliki jiwa yang besar, sikap ini dapat menonjolkan kejujuran, keberanian dan sikap berjuang yang tinggi yang Anda miliki. Di tempat kerja Anda dapat menerapkan sikap ini dengan berbagai cara seperti menerima kesalahan sendiri dan mengintrospeksi diri setelah itu, tidak putus asa saat mengalami kegagalan berkali – kali, kemudian bersedia minta maaf dan memaafkan.

Kerja Sama dan Tanggung Jawab

Rasa kerja sama dan tanggung jawab rasanya memang selalu harus diterapkan di tempat kerja, karena akan lebih baik saat kita bekerja sama, bukan? Dengan menerapkan sikap kerja sama dan tanggung jawaw di perusahaan, karyawan akan diharapkan dapat berpartisipasi dan  memberikan kontribusi terbaik pada perusahaan serta masyarakat sekitar. Kerja sama yang dapat Anda lakukan di tempat kerja adalah saling membantu antar rekan kerja atau aktif bersosialisasi dengan berbagai bagian/ departemen yang ada di perusahaan.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari Ateja.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!