Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Tahapan Proses Melamar Kerja
For Jobseeker

4 Tahapan Proses Melamar Kerja

Karina

July 15 • 4 min read

tahapan-proses-melamar-kerja

Proses melamar kerja memang melelahkan, belum lagi ketika harus melalui proses lamaran kerja yang beragam dan memakan cukup waktu di tiap perusahaan. Tetapi, dibalik keberagaman itu proses lamaran sebenarnya bisa dibilang hanya memiliki beberapa tahapan inti.

Cek tahapan dalam proses melamar kerja di bawah ini :

Application

Application atau lamaran kerja adalah dokumen formal yang berisi rangkuman tentang pendidikan serta pengalamanmu. Hal ini menjadi awal dari proses melamar pekerjaan. Perusahaan memerlukan lamaran kerja untuk menilai siapa saja kandidat yang cocok dengan posisi yang mereka butuhkan. Ingat juga, saat ingin mengirim lamaran pastikan resume atau CV yang kamu gunakan sudah dipersonalisasi dan diorganisir dengan baik.

Interview invitation

Setelah lamaran pekerjaan masuk dan di screening oleh HR tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah memberi undangan wawancara kepada kandidat yang dianggap cocok (shortlisted candidate). Pada tahapan ini, kamu juga bisa saja melalui lebih dari satu wawancara yang hal ini kembali lagi pada kebijakan perusahaan.

Meliputi :

  • Wawancara awal

Wawancara ini biasanya dilakukan one on one bersama HR. Hal – hal yang dibahas pun kurang lebih berfokus pada pengalaman pelamar, keterampilan, serta riwayat kerja.

  • Wawancara tambahan

Wawancara tambahan dilakukan untuk mengetahui pelamar secara lebih mendalam. Wawancara ini juga dapat dilakukan lebih dari satu orang misalnya wawancara dengan manajemen staf maupun eksekutif perusahaan. Wawancara ini sering dikenal dengan interview users

Offering Letter

Saat menerima tawaran pekerjaan atau offering letter, itu artinya tinggal selangkah lagi untuk mengakhiri proses melamar kerja. Setelah berhasil mendapat semua informasi melalui wawancara, biasanya dalam seminggu atau dua minggu ke depannya HR akan menghubungi kandidat yang lolos yang berhasil mendapat posisi di perusahaan. Sangat penting meluangkan waktu untuk tahapan ini karena kamu benar – benar harus mengevaluasi tawaran dengan hati-hati, seperti tawaran gaji, tunjangan, hari libur dan lain sebagainya, sehingga tidak ada keputusan yang merugikan nantinya.

Get a job

Selamat! Setelah menandatangani surat tawaran kerja artinya kamu sudah siap untuk masuk ke perusahaan tersebut. Serangkaian proses seleksi sudah berhasil terlewati. Tapi setelah mendapat pekerjaan tentu ada banyak hal yang akan menantimu seperti onboarding, training dan berbagai kegiatan lainnya.

Perlu kamu ingat bahwa proses ini bisa jadi berbeda di setiap orang dan juga perusahaanya. Ada yang harus melewati tahap assessment terlebih dahulu atau ada juga yang harus melakukan tes kesehatan dan lainnya.

Saat kamu belum lolos di suatu tahapan, jangan menyerah. Kunci yang paling penting adalah kamu sudah berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik dan berhasil atau tidaknya itu adalah di luar kendalimu.

tahapan-proses-melamar-kerja

Artikel dilansir dari thebalancecareers dan smartrecruiters.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!