Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Virus Corona Membuatmu Kerja dari Rumah? Berikut Panduan Sederhana Biar Kamu Nggak Bosan
For Jobseeker

Virus Corona Membuatmu Kerja dari Rumah? Berikut Panduan Sederhana Biar Kamu Nggak Bosan

Karina

March 15 • 6 min read

Berbulan-bulan sudah semenjak kasus pertama virus corona terjadi di Wuhan, Tiongkok. Dan sedihnya lagi, kasus virus ini pun sudah masuk ke negara kita tercinta, Indonesia. Tentu ada banyak dampak yang ditimbulkan dari virus ini. Salah satunya adalah kebijakan kerja di rumah atau work from home. Bagi beberapa karyawan tentu hal ini awalnya menjadi sebuah hal yang cukup menggembirakan, karena kamu sebagai pekerja nggak perlu menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan menuju tempat kerja. Belum lagi ongkos yang hemat banyak karena kamu juga nggak perlu keluar uang untuk menuju ke kantor.

Tapi bagaimana jika hal ini sudah terjadi lebih dari seminggu? Tentu saja hal ini akan membuat kamu terasa semakin bosan. Apalagi kalau kamu juga nggak boleh pergi keluar rumah untuk menghirup udara segar, atau sekadar refreshing dari jenuhnya pekerjaan. Biasanya, jika kamu dalam kondisi seperti ini selama 7 hari beruntun, kamu akan mulai sangat kebosanan. Lalu, bagaimana yah biar kamu nggak bosan dan pekerjaan masih bisa berjalan dengan lancar? Berikut beberap tips yang bisa kamu coba.

1. Jangan Kerja di Kasur

Kita tahu, bekerja di rumah itu artinya kamu bisa bekerja dengan posisi apa saja, dan bisa kamu lakukan di mana saja yang kamu mau. Tapi ternyata, nggak semua tempat bisa memberikan kamu manfaat yang benar-benar membantu, loh!

Bekerja di tempat tidur atau kasur, misalnya. Bekerja dari tempat ini memang enak banget, kamu bisa selonjoran, tengkurap, atau posisi nyaman lainnya. Tapi, kalau kamu seharian di tempat ini, bisa bahaya,loh. Salah satunya adalah bisa membuat kamu jadi susah tidur karena otak kamu bingung, tempat tidurnya jadi tempat kerja. Hal ini juga yang menyebabkan kamu jadi nggak ngantuk saat jam tidur.

2. Pasang Lagu Favorit Saat Bekerja

Setiap orang pasti punya cara masing-masing untuk menghilangkan kebosanan, salah satunya adalah dengan menyalakan lagu favorit mereka. Selain memang bisa menenangkan mood kamu yang sudah mulai bosan, ternyata bekerja sambil mendengarkan lagu itu juga bisa membuat kamu lebih fokus dalam bekerja, loh.

work from home coronavirus

Tapi perlu kamu perhatikan juga, di rumah itu kan mungkin nggak hanya ada kamu saja, selain ada banyak orang rumah, kamu juga hidup bertetangga. Jadi, sebaiknya jangan pasang lagu terlalu kencang supaya nggak mengganggu sekitarmu. Jangan juga pasang volume terlalu kencang di headset, supaya telingamu tetap sehat dan kamu masih bisa mendengar apa yang terjadi di sekitarmu.

3. Sesekali Melakukan Video Call

Salah satu penyebab kebosanan adalah minimnya interaksi dengan orang lain. Apalagi buat kamu yang cenderung extrovert, hal ini pasti menyiksa banget. Karena energi negatif kamu akan lebih sering terpancar.

Namun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini. Salah satunya adalah dengan mengadakan conference video call dengan teman-teman kantor kamu. Dengan begini, kamu bisa mengurangi rasa kesepian kamu selama masa karantina.

4. Jaga Asupan dan Pola Makan

Kamu pasti setuju kalau mood seseorang itu bisa tergantung banget sama asupan makanan dan minuman yang kita minum. Apalagi di situasi seperti ini, mood yang kurang bagus juga menjadi penyumbang terbesar penyebab rasa bosan kita.

Maka dari itu, kamu perlu banget untuk menjaga asupan nutrisi makanan kamu supaya mood kamu tetap segar, dan kondisi badan kamu terjaga dalam kondisi terbaik. Pola makan yang teratur juga perlu banget untuk kamu jalani supaya mood kamu tetap terjaga dan kamu mudah terhindar dari rasa bosan.

5. Rajin Olahraga

Rasa bosan juga seringkali hinggap jika kamu mengerjakan pekerjaan dengan suasana yang monoton. Apalagi jika pekerjaan yang sedang kamu jalani cukup banyak dan membuat stress. Yes, kita mengerti banget kamu butuh suasana baru.

Olahraga di rumah bisa jadi alternatif untukmu, supaya tubuh kamu terhindar dari rasa bosan saat bekerja di rumah. Coba deh, setiap hari kamu lakukan gerakan pemanasan atau olahraga ringan. Selain bisa membuat kamu bergerak lebih enak, dan ada suasana baru yang kamu coba, aliran darah juga jadi lancar karena olahraga ini. Otomatis, mood kamu dalam bekerja juga jadi jauh lebih baik. Sehingga, kamu nggak mudah bosan deh saat kerja di rumah.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba biar nggak bosan saat bekerja di rumah. Semoga semua ini cepat berlalu, yah! Semangat!

 

lamar-sekarang

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!