Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Jadi Karyawan Teladan di Kantor, Harus Bagaimana Ya?
For Jobseeker

Jadi Karyawan Teladan di Kantor, Harus Bagaimana Ya?

Karina

January 27 • 7 min read

Siapa sih yang nggak mau jadi karyawan teladan di kantor dan disayang atasan? Pastinya semua orang mau menjadi orang yang seperti ini, dong. Menjadi karyawan teladan di kantor artinya menjadi orang yang nantinya akan disenangi oleh para rekan kerja juga. Walaupun memang hal ini terdengar susah-susah gampang buat diwujudkan, tapi, kenapa nggak?

Menjadi karyawan teladan memang bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan secara instan. Akan ada penilaian dari apa yang telah kamu lakukan untuk kamu bisa sampai di titik itu. Mungkin akan memerlukan waktu, tetapi hasil akhirnya bisa memuaskan kamu, kan?

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang ingin menjadi karyawan teladan dan disegani oleh semua orang di kantor kamu, kamu harus tahu dulu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Kali ini, Kalibrr akan memberikan tips untuk kamu supaya bisa jadi karyawan teladan di kantor! Yuk, disimak tipsnya berikut ini.

Tips pertama adalah dengan menjadi pendengar yang baik! Kenapa, sih, kita harus jadi pendengar yang baik? Tentu saja menjadi pendengar yang baik akan mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang dewasa dan bisa diandalkan.

Jangan biasakan untuk memotong perkataan orang lain, atau pun berbicara terus-terusan tanpa memberikan kesempatan kepada yang lain untuk menyampaikan pendapat mereka juga. Dengan menjadi pendengar yang baik dan tahu dimana harus menempatkan diri, pastinya kamu akan disegani oleh rekan-rekan kerja kamu di kantor!

2. Jangan baper saat dikritik

Ketika seseorang memberikan kritik terhadap apa yang kamu lakukan, ada baiknya untuk menerima kritik itu dengan ikhlas, apalagi kalau kritiknya memang diperuntukan supaya kamu bisa berkembang lebih baik lagi. Jangan anggap kritikan yang diberikan oleh orang lain hanya memiliki nilai yang negatif untuk kamu.

Jadi, usahakan buat nggak baper saat menerimanya dan terus tanamkan bahwa kritik merupakan cara orang lain menghargai usaha kamu, karena itu berarti orang tersebut telah memperhatikan hasil kerjamu dengan baik.

3. Kerjakan setiap pekerjaan dengan baik

Menjadi teladan di kantor pastinya hal ini masih berhubungan dengan pekerjaan, loh. Yuk coba pelan-pelan memberikan effort yang lebih dalam bekerja sehingga hasil dari pekerjaan kamu nanti bakal jadi bagus dan tentunya nilai positif dari atasan juga bisa kamu dapatkan! Caranya adalah dengan mengerjakan setiap pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Kalau kamu sudah bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik, yakin deh kamu bakal dapet respon positif dari rekan-rekan kerja kamu. Kalau sudah dapat respon positif dari rekan kerja kamu, pastinya nggak susah buat kamu membangun reputasi buat jadi karyawan yang teladan.

4. Bersikap ramah dengan sesama rekan kerja

Nggak cuma expect dari kerjaan saja, tetapi menjadi teladan juga berarti bersikap ramah dan baik ke semua rekan kerja di kantor. Jangan pilih-pilih, deh, anggap semua rekan kerja kamu di kantor itu sama, yaitu sama-sama harus kamu perlakukan dengan baik.

Kalau kamu sudah bisa mengambil hati rekan kerjamu, otomatis nggak akan susah buat kamu dicap sebagai karyawan teladan. Apalagi kalau kamu dikenal dengan sikap baik dan ramah, sudah pasti banyak rekan kerja yang respect sama kamu, deh!

5. Jangan suka gosip!

Hal yang satu ini mungkin adalah hobi dari semua orang. Hey, tapi tunggu dulu, tahu nggak kalau gosip itu sebenarnya hal yang nggak terlalu penting buat dilakukan? Apalagi kalau gosipnya pada saat jam ngantor, yang ada nanti kerjaan kamu jadi nggak kelar-kelar!

Gosip juga bisa membawa kesalahpahaman buat kamu dan rekan kerja lainnya. Alih-alih bergosip, bukan hal yang nggak mungkin kalau nanti kamu malah dibilang lagi nyebar fitnah. Nah, pasti kamu nggak mau kan dianggap jadi orang yang “ember” dan bermulut besar? Makanya, yuk kurangin ngegosipnya!

6. Urus hal-hal yang jadi prioritas

Tips yang terakhir adalah coba untuk mengurus hal-hal yang memang jadi prioritas utama kamu. Jangan pernah menggampangkan suatu pekerjaan karena hal itu justru bisa jadi boomerang buat diri kamu sendiri nantinya.

Jadi, selalu biasakan diri buat ngerjain kerjaan dengan bobot yang paling berat dulu. Dengan begitu, kamu akan punya waktu lebih banyak buat bersantai ketika pekerjaan yang terberat sudah selesai dikerjakan.

Nah, itu dia tadi beberapa tips supaya bisa jadi karyawan yang teladan. Yang terpenting adalah, usahakan buat selalu melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya dan jangan gampang menyerah! Semoga tips ini bermanfaat buat kamu, ya!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!