Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Langkah Sukses Untuk Maksimalkan Program Magang
For Jobseeker

5 Langkah Sukses Untuk Maksimalkan Program Magang

Karina

August 14 • 4 min read

langkah-sukses-untuk-maksimalkan-program-magang

Kesempatan bagus di tengah terpuruknya dunia pendidikan Indonesia saat ini. Dirancang sedemikian rupa oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, kampus merdeka merupakan kesempatan emas untuk mahasiswa/i sebagai persiapan karir masa depan mereka yakni dengan melakukan program magang di instansi maupun perusahaan – perusahaan yang telah bekerja sama.

Magang atau internship adalah kesempatan terbaik untuk mencoba bidang karir yang kamu inginkan, membangun keterampilan/skills, dan bahkan berpotensi untuk bekerja di perusahaan tempat kamu magang sebagai karyawan tetap setelah lulus. Dengan banyaknya peluang yang bisa didapat dari program magang ini, kamu harus fokus dan memastikan bahwa kamu memaksimalkan pengalaman magangmu.

Berikut adalah 5 langkah sukses untuk memaksimalkan pengalamanmu :

1. Anggap seperti pekerjaan sungguhan

Banyak orang atau pelajar yang magang tapi tidak menempatkan diri sebagai seorang intern karena merasa mereka bukanlah pekerja sungguhan di perusahaan. Sehingga, kadang pekerjaan tidak dilakukan dengan benar dan melakukan pekerjaan pun hanya sekedarnya saja, tentu ini bukan hal yang baik. Mulai maksimalkan program magangmu dengan menganggapnya sebagai pekerjaan sungguhan sehingga kamu akan lebih menghargai setiap pekerjaan dan mendapat lebih banyak pelajaran.

2. Jalin koneksi

Internship adalah waktunya kamu menambah kenalan, koneksi atau networking. Jadi perkenalkan dirimu kepada semua orang di tempat kamu internship, dan cobalah untuk menjalin hubungan yang baik. Dengan menjalin koneksi yang baik kamu juga dapat kesempatan untuk diberikan rekomendasi oleh rekan kerja maupun atasan sehingga ini juga keuntungan buatmu. Semakin baik pekerjaan yang kamu lakukan dan semakin akrab kamu dengan lingkungan kantor bisa semakin kuat rekomendasinya.

3. Time management yang baik

Program magang juga dapat membantumu memiliki time management yang baik. Saat magang kamu akan terbiasa dengan berbagai schedule serta deadline. Untuk memaksimalkan program magang, kamu juga dapat membuat catatan saat sedang rapat, menentukan prioritas dari setiap tugas dan tertib dalam menyelesaikan tugas yakni tepat waktu. Sehingga internship benar – benar memberikan pengaruh.

4. Lihat lalu pelajari

Kesempatan magang membuatmu mengetahui bagaimana sebenernya lingkungan atau rutinitas di dunia kerja. Gunakan kesempatan tersebut dengan baik sehingga dapat menjadi pelajaran kedepannya untukmu. Kamu juga dapat mempelajari bisnis di tempat kamu melakukan magang. Selain itu, untuk berhasil melakukan tips kamu jangan takut untuk bertanya. Orang di perusahaan pasti mengerti bahwa kamu ada di sana untuk belajar.

5. Minta feedback dan review

Mintalah feedback atau review setelah kamu berhasil menjalani program magangmu. Hal ini penting untuk mengetahui kelebihan dan kekuranganmu di mata orang lain, khususnya atasan yang menilai langsung bagaimana pekerjaanmu sehari – hari. Pikirkan keterampilan apa yang kamu peroleh selama magang dan perbarui resume/ CV dengan pengalaman dan pencapaianmu.

langkah-sukses-untuk-maksimalkan-program-magang

Artikel dilansir dari Vault dan Careereducation.Colombia.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!