Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Manfaat kekuatan pikiran positif untuk perjalanan kariermu
For Jobseeker

Manfaat kekuatan pikiran positif untuk perjalanan kariermu

Karina

January 31 • 7 min read

Dalam setiap perjalanan karir, memang sering banget ketemu sama yang namanya rintangan. Perjalanan karier itu tak semudah menggoreng telur ceplok setengah matang yang dikasih kecap. Kesulitannya pasti jauh lebih sulit dari itu. Tapi ada satu bekal yang bisa kamu bawa untuk mengarunginya, bekal sakti mandraguna bernama energi berpikir positif.

Percaya atau nggak, berpikir positif dalam setiap kesempatan termasuk dalam karier akan membawamu pada banyak hal positif lainnya dalam karir. Nggak menutup kemungkinan pula bahwa berpikiran positif akan membawa kekuatan terbaik untuk perjalanan karirmu saat ini. Lalu, apa saja yah manfaat berpikiran positif yang bisa kita rasakan.

1. Nggak mudah takut

Setiap manusia normal pasti dan harus punya rasa takut. Bahkan manusia super jago dan canggih kayak Batman aja terkadang masih punya rasa takut. Rasa takut membawa kita untuk berpikir lebih jernih, dan membuat kita terhindar dari tindakan-tindakan yang membahayakan.

Tapi, bukan berarti pula rasa takut harus kamu pelihara. Mempunyai pikiran positif yang kuat akan membuat kamu lebih jarang merasa takut dan lebih berani dalam menghadapi setiap tantangan.

2. Menarik aura positif

Ada kata bijak dari orang tua dan senior kita yang berkata bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, dan energi positif akan membawa energi positif juga dari orang lain. Hal ini rasanya sangat amat benar. Faktanya, membawa aura positif dalam pikiran kita tentu akan membawa tindakan yang positif pula dalam keseharian kita.

Tindakan yang positif akan memancing orang untuk bertindak positif pula. Intinya, semua hal positif yang kita berikan ke sekitar kita, tentu akan berbalik juga pada kita. Dengan banyaknya energi dan aura positif, pasti semua hari-harimu akan terasa lebih menyenangkan.

3. Meningkatkan percaya diri dan self-esteem

Percaya diri dan self-esteem adalah satu dari beberapa hal penting yang harus kamu miliki untuk mencapai karir yang gemilang di masa depan. Dengan self-esteem, kamu jadi tahu apa yang kurang dan potensi yang kamu miliki. Terkadang, orang dengan self-esteem dan percaya diri yang rendah sulit melihat ini, dan akhirnya terjebak pada pikiran bahwa mereka nggak mampu.

Padahal berpikiran bahwa kamu nggak mampu, bisa menghambat perkembangan karirmu di masa depan. Nggak mau kan karirmu terhambat hanya karena pikiranmu sendiri?

4. Setiap pekerjaan terasa lebih mudah

Masih berhubungan dengan pikiran tadi, berat atau nggaknya setiap hal yang kita hadapi itu seringkali berasal dari pikiran kita. Jadi, jika pikiran kamu sudah mulai merasa terlalu banyak negatif, seperti merasa nggak mampu, merasa lelah, atau merasa nggak mungkin, tentu saja membuat setiap tantangan yang kamu hadapi menjadi jauh lebih berat.

Sebaliknya, pemikiran positif akan membawa dampak yang positif. Itu artinya, jika pikiranmu lebih banyak berfokus pada hal-hal positif seperti rasa semangat dan optimis, tentu saja bisa membuat setiap pekerjaan dan tantangan yang kamu hadapi terasa lebih ringan dan mudah.

5. Menemukan ide-ide baru yang fresh

Munculnya ide-ide yang fresh itu datang dari situasi yang tenang terkendali. Salah satu faktor utama yang bisa membuatmu menjadi pribadi yang tenang dan terkendali adalah dengan memenuhi setiap jengkal dirimu dengan pikiran yang positif.

Dengan pikiran yang positif, maka emosi dan seluruh sikapmu akan jauh lebih tenang dan terkendali. Hal itu kemudian juga akan membuat ide-ide yang lebih fresh dan baru lebih mudah datang ke hadapanmu.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari pikiran yang positif. Jadi, apapun tantangan yang kamu hadapi, cobalah untuk selalu bersikap positif, yah!


Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures. Untuk tips dan kiat-kiat sukses wawancara kerja beserta lowongan terbaru dari berbagai perusahaan, follow media sosial Kalibrr Indonesia di InstagramLinkedIn, dan Twitter.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!