Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Memilih Assessment Tools Yang Tepat Untuk Proses Rekrutmen
For Jobseeker

Memilih Assessment Tools Yang Tepat Untuk Proses Rekrutmen

Karina

June 11 • 6 min read

Di era digital sekarang ini, merekrut karyawan tanpa bantuan teknologi sepertinya kecil kemungkinannya terjadi. Dengan banyaknya jumlah pelamar yang masuk bahkan hingga ribuan, dapat membuat divisi human resources  kewalahan jika tidak menggunakan teknologi. Saat ini teknologi di dunia rekrutmen pun ada pada setiap proses dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan SDM. Pengenalan teknologi dalam pengelolaan sumber daya manusia semakin memudahkan dan mempercepat pengumpulan, penyusunan dan penyampaian informasi kepada karyawan serta mempercepat proses rekrutmen. Sebagian besar rekruter merasa sangat terbantu dengan hal ini karena mempercepat pekerjaan mereka, hasil dari perekrutan menggunakan teknologi tersebut juga dapat memberikan hasil yang berkualitas dan membawa proses rekrutmen into the next level.

Salah satu contoh teknologi yang sangat penting digunakan dalam proses rekrutmen adalah teknologi dalam assessment atau penilaian kandidat. Teknologi assessment melalui assessment tools penting digunakan untuk menilai keterampilan dan karakteristik kandidat secara relevan. Selain itu, dengan penggunaan assessment tools juga akan secara otomatis memberi nilai untuk kandidat berdasarkan skor yang didapatkan, dan meminimalisir potensi bias rekruter yang mungkin akan mempengaruhi proses seleksi.

Ada beberapa jenis assessment tools yang dirancang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa assessment difokuskan pada pengukuran keterampilan, sedangkan yang lainnya diarahkan untuk mengukur hal-hal seperti kemampuan kognitif, karakteristik kepribadian, dan perilaku situasional.

Berikut ini beberapa contoh alat yang perlu dipertimbangkan untuk menilai kandidat Anda,  dirangkum dari Medium dan Linked in :

1. eskills

eSkill adalah salah satu tools yang dapat menjadi solusi membantu perusahaan dalam memberi tes yang paling akurat dan valid untuk penilaian karyawan. Tools ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan termasuk pengcustom-an tes untuk pekerjaan khusus seperti divisi human resources, penjualan, administrasi, IT, akuntansi, kesehatan hingga industri perhotelan. Anda dapat memilih dari lebih dari 600 tes, 5000 topik, atau membuat assessment Anda sendiri untuk pekerjaan dan industri apa pun.

2. Interview mocha

Dengan lebih dari 1.000 tes keterampilan yang ditawarkan tools Interview Mocha untuk pengkodean, perencanaan sumber daya perusahaan, keuangan, bahasa, manufaktur, dan ritel dapat membantu Anda memverifikasi kecocokan kandidat. Beberapa tes keterampilan yang paling populer adalah Big Data Pig Test, Java Coding, Bank Teller Aptitude Test, dan Salesforce CRM Test. Anda dapat memilih tes yang telah disediakan oleh Interview Mocha ataupun meminta mereka untuk membuat tes khusus dan disesuaikan langsung dengan kebutuhan perusahaan Anda, Anda dapat memesannya langsung pada platform ini. Tidak lupa juga tools ini juga menawarkan integrasi penilaian dan alat peringkat kandidat.

3. Mettl

Mercer Mettl adalah tools assessment online yang dapat membantu Anda mengukur keterampilan, kepribadian, dan kemampuan kandidat. Sama halnya dengan Interview Mocha  Anda dapat memilih assessment yang tersedia di platform mereka mulai dari tes psikometri, kognitif, dan teknis yang berbeda atau memesan tes khusus yang dibuat untuk kebutuhan perusahaan Anda. Assessment ini biasa digunakan perusahaan yang mencari talenta di bidang teknologi karena Mettl ekstensif untuk mengukur keterampilan back-end, front-end, full-stack, ketepatan kode, waktu, kompleksitas ruang dan hal berkaitan lainnya.

4. Kalibrr Assessment

Kalibrr sebagai perusahaan teknologi yang mentranformasi proses rekrutmen juga dilengkapi dengan assessment tools yang diberi nama Kalibrr Assessment. Tools ini dilengkapi dengan alat penilaian otomatis menjadikan kandidat dapat mengikuti tes mereka pada waktu mereka sendiri, dan secara otomatis dapat menghitung hasilnya. Kemudahan assessment mulai dari tes, jadwal, penilaian dan perangkingan dapat Anda lakukan dalam satu tools ini saja. Anda juga dapat membuat set penilaian Anda sendiri yang digunakan dalam berbagai format. Kalibrr menggunakan berbagai bentuk media untuk mengukur kemampuan pelamar secara efektif dan akurat dan membantu pencari kerja yang memenuhi syarat dengan menstandardisasi prosedur pengujian dalam administrasi, penilaian, dan pemeriksaan.

Kalibrr juga siap membantu Anda melalui Kalibrr Candidate Assessment Management untuk mengelola tahapan ini guna mendapatkan data kompetensi kandidat yg objektif sembari memberikan pengalaman rekrutmen kandidat yang positif.

Pastikan kandidat Anda mendapatkan experience yang baik saat mengerjakan assessment. Untuk informasi lebih lanjut hubungi yanto@kalibrr.com

 

Artikel dilansir dari Medium, Linked in dan Resource Workable.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!