Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Sedikit Tips Ini Bisa Mencegah Kamu dari Rasa ‘Baper’ di Tempat Kerja
For Jobseeker

Sedikit Tips Ini Bisa Mencegah Kamu dari Rasa ‘Baper’ di Tempat Kerja

Karina

November 22 • 4 min read

Baper sudah menjadi kata yang nggak asing lagi terdengar, dimana kata ini cukup eksis sampai selalu disebut-sebut hampir di segala situasi. Istilah baper sendiri artinya adalah “bawa perasaan” dan seringkali diasosiasikan dengan perasaan suka pada lawan jenis.

Namun, istilah baper ini mulai memiliki arti yang berbeda tergantung tempat dan situasi. Seperti istilah baper di tempat kerja. Kalau di tempat kerja, istilah ini seringkali berhubungan dengan kondisi dimana seseorang menjadi sensitif karena perlakuan dan sikap dari orang lain. Nggak jarang ada kata-kata yang kurang enak dari rekan kerja yang membuat kita nggak mood sampai ke kehidupan personal.

Baper ternyata membawa kerugian, loh. Ada beberapa kerugian yang disebabkan kalau kamu terlalu baper di tempat kerja: Ini 5 Kerugian Kalau Kamu Terlalu ‘Baper’ di Tempat Kerja. Kali ini, Kalibrr akan membantu kamu dengan tips anti baper yang bisa mencegah kamu terhindar dari rasa baper di tempat kerja!

1.  Fokus

Hal pertama yang harus dilakukan adalah: fokus! Mulailah hari kamu dengan membuat list apa saja yang akan kamu lakukan di tempat kerja. Jangan sampai kamu terlihat kebingungan dan nggak tahu harus melakukan apa, karena hal ini justru yang bisa memicu rekan kerja kamu berkomentar tentang kinerja kerjamu yang belum tentu bisa kamu terima, loh. Alih-alih dikritik, malah jadi baper deh.

2.  Mempertimbangkan siapa saja yang membuat sakit hati

Kritik mungkin adalah sesuatu yang sering kamu temukan terutama ketika di tempat kerja. Kritik juga bisa membantu karir kamu supaya lebih maju lagi. Tetapi, terkadang ada beberapa kritik yang rasanya nggak bisa nih untuk diterima dengan ikhlas. Terlebih lagi kalau orang yang menyampaikan kritik itu kurang sopan dalam menyampaikannya.

Tapi, ada baiknya kamu mempertimbangkan kritik yang disampaikan sebelum memasukkannya ke dalam hati. Cobalah diam beberapa saat dan renungkan, mengapa orang tersebut bisa mengeluarkan kritik yang kurang menyenangkan.

3.  Jadi orang yang lebih cuek!

Kalau kamu sudah ngerasa tersinggung banget sama apa yang orang katakan atau lakukan ke kamu, cukup untuk rasakan sakitnya sampai disitu saja. Jangan sampai rasa sakitnya membuat kamu merasa down berhari-hari dan menghilangkan mood untuk kerja. Ingat ya, karir akan berjalan sebagaimana kamu menjalaninya, jadi jangan terlalu memikirkan orang lain! Coba untuk sedikit lebih cuek dan enjoy dengan diri kamu sendiri.

Yang paling penting lagi, jangan egois! Karena egois bisa bikin kamu lebih baper lagi nantinya. Ingat, ya, nggak semua orang itu ngerti posisi kita, dan begitu juga kamu yang pastinya nggak bisa selalu mengerti posisi orang lain. Ya.. jadi diri sendiri aja deh, intinya!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!