Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Tips Untuk Membuat Kamu Makin Percaya Diri
For Jobseeker

5 Tips Untuk Membuat Kamu Makin Percaya Diri

Karina

July 04 • 6 min read

tips-untuk-membuat-kamu-makin-percaya-diri

Setiap dari kita pasti pernah banget ketemu yang namanya rasa nggak percaya diri. Nggak cuma kamu yang sudah bekerja aja, siapapun kamu pasti pernah mengalami hal ini. Bener kan? Ngaku deeeh. Pertanyaan-pertanyaan kayak “bos suka nggak yah sama kerjaanku” atau “nanti kalo aku bikin begini, teman-teman komentar apa yah?” adalah rangkaian pikiran yang memicumu untuk membaca artikel tips meningkatkan rasa percaya diri di internet.

Kenapa rasa percaya diri itu perlu? Dengan rasa percaya diri yang penuh, kamu bisa bekerja dengan lebih mudah dan lebih nyaman. Kamu juga bisa membuat orang-orang di sekitarmu menjadi lebih percaya sama kamu. Ya dong, kalo kamu aja nggak percaya sama diri kamu sendiri, gimana mau membuat orang lain percaya sama kamu?

Nah, daripada pusing, berikut ini beberapa tips meningkatkan rasa percaya diri yang bisa kamu coba.

1.    Percaya bahwa nggak ada yang sempurna

Kalo kata bunda Dorce, kesempurnaan hanya milik Allah. Yes, dengan kata lain, nggak ada hal selain itu yang sempurna. Semua hal bisa berputar balik, atas ke bawah, kiri ke kanan, hilang dan timbul.

Hal ini bisa banget kamu coba sebagai langkah awal untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu. Dengan begitu, kamu pasti bisa lebih tenang dan berpikir kalo semua hal pasti akan baik-baik saja dan bisa menjadi lebih baik.

2.    Jauhkan energi negatif

Komentar teman sekantor, nyinyiran orang nggak jelas, komentar netijen, adalah deretan energi negatif yang berpotensi membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Apalagi kalo kamu baru putus cinta, dengerin lagu galau bisa membuatmu mendapat energi negatif juga, lho!

tips-untuk-membuat-kamu-makin-percaya-diri

Hal-hal seperti ini wajib banget kamu hindari demi terciptanya rasa kurang percaya diri. Daripada dengerin yang begini, lebih baik sih kamu coba hal-hal yang lebih positif seperti meditasi, berdoa, atau baca buku biografi dari tokoh yang kamu senangi. Kalo perlu, kamu uninstall dulu media social yang kamu miliki saat ini biar kamu lebih tenang. Mencoba hal baru sesuai hobimu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu.

3.    Mulai aja dulu

Tenang, gaez, ini bukan tagline toko online yang hijau-hijau itu, tapi memang memulai sesuatu itu penting banget dalam perkembangan mental kamu. Kamu juga harus percaya, bukankah selalu ada pertama kali dalam setiap hal?

Kalo begitu, buat apa lagi kamu berpikir Panjang dan tenggelam dalam rasa minder kamu? Lebih baik coba lakukan dahulu apa yang ingin kamu lakukan, salah atau benar urusan belakangan. Lagian, kalo salah bukannya tinggal minta maaf? Benar, kan?

4.    Jangan malu bertanya

Kalau kata peribahasa, malu bertanya sesat di jalan, maka urusan mental dan percaya diri juga kurang lebih sama. Kurang percaya diri mungkin bukan penyakit, tapi jika perasaan ini dibiarkan, bisa membuat kamu lebih dekat dengan banyak penyakit, lho! Ingat, banyak pikiran itu bikin stress, dan stress itu sumber penyakit.

tips-untuk-membuat-kamu-makin-percaya-diri

Makanya, jangan ragu untuk bertanya dan minta pendapat dari orang di sekitarmu. Bukan soal dirimu saja, tapi juga setiap tindakan yang akan kamu jalani. Dengan begitu, kamu bisa punya rasa percaya diri untuk memulai suatu hal.

5.    Bersikap bodo amat

Ini salah satu hal terpenting juga sih untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu. Bukan berarti kamu harus cuek pada semua hal, tapi terkadang kamu memang perlu menyaring semua hal yang masuk ke pikiranmu. Termasuk soal hal yang berpotensi membuat pikiranmu menjadi negatif.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu, ada baiknya kamu mencoba bersikap “bodo amat”, deh. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih fokus untuk mengembangkan rasa percaya diri.

Kamu punya rasa percaya diri yang masih kurang? Semoga beberapa tips meningkatkan rasa percaya  diri bisa membantu kamu, yah!

Ingin mencoba peluang baru untuk karirmu? Cari lowongan yang pas buatmu, di sini.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!