Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Deretan Hal yang Wajib Kamu Punya untuk Tingkatkan Skill Negosiasi
For Jobseeker

Deretan Hal yang Wajib Kamu Punya untuk Tingkatkan Skill Negosiasi

Karina

December 27 • 5 min read

deretan-hal-yang-wajib-kamu-punya-untuk-tingkatkan-skill-negosiasi

Dunia kerja itu terkadang menjadi sebuah hal yang cukup kompleks. Tidak hanya skill yang berhubungan dengan teknik saja, terkadang kita juga harus punya berbagai macam keahlian yang mungkin nggak ada hubungannya sama pendidikan yang kamu pelajari semasa kuliah. Salah satunya adalah skill negosiasi.

Yes, memang jika kamu mau sukses dalam karier, kepintaran kognitif saja nggak akan cukup. Terkadang memang skill negosiasi itu dibutuhkan. Misalnya saja soal bernegosiasi dengan klien, atau mungkin dengan rekan sekantor soal pembagian pekerjaan. Nah, kalau begitu, hal apa saja sih yang perlu kita ketahui untuk memaksimalkan skill negosiasi kita? Berikut deretan hal yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Inilah 5B, Konsep Penting Dalam Menempuh Karir

1. Jangan Memonopoli Perbincangan

Pada dasarnya, setiap orang memang suka untuk menonjolkan diri. Lihat aja di sosial media, ada berapa banyak foto selfie dan video aktivitas diri yang teman-teman dan lingkungan sekitarmu bagikan? Terkadang, sadar atau nggak, hal ini juga sering kebawa saat proses negosiasi.

Untuk itu, saat kamu sedang bernegosiasi, usahakan untuk nggak mendominasi setiap perbincangan. Jika kamu sudah tahu apa yang akan diinformasikan, nggak ada salahnya untuk mendengarkan. Dan jangan men-judge dengan cepat lawan bicaramu. Kebanyakan kasus monopoli perbincangan terjadi karena kita terlalu meremehkan lawan negosiasi kita, loh! Jadi, kontrol sedikit, ya.

2. Ini Bukan Pertandingan

Entah datang dari dirimu sendiri atau atasan dan rekan setim kamu, terkadang jika kita mau menghadapi sebuah negosiasi, ada aja yang bilang seolah-olah negosiasi ini urusan menang dan kalah. Hayoo, benar nggak?

Padahal, tujuan utama bernegosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama, yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi masing-masing kubu. Jadi, jangan berpikir kalau ini soal menang dan kalah, tapi berpikirlah bagaimana kamu dapat opsi terbaik dari perbincangan ini.

3. Prediksi Apa yang Akan Mereka Inginkan

Namanya juga negosiasi, berarti setidaknya ada dua pihak yang terjun langsung di sini. Itu artinya, bukan keinginan kamu saja yang harus kamu perhatikan, tapi juga kedua belah pihak.

Jika kamu mau proses negosiasi kamu berjalan lancar, dan keinginanmu terakomodasi, kamu juga harus bisa memprediksi keinginan lawan bicara kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang dia cari, memasuki pikirannya, dan menggunakannya untuk memaksimalkan daya tawar kamu.

deretan-hal-yang-wajib-kamu-punya-untuk-tingkatkan-skill-negosiasi

4. Tahu Kapan Harus Mundur

Sebenarnya bernegosiasi itu hampir sama dengan PDKT sama gebetan. Yes, saat kamu lagi ngegebet lawan jenis, pasti ada saatnya dimana kamu harus mengulur dan mundur sejenak. Begitu juga dengan proses negosiasi. Iya dong, masa mau kamu gas terus, yang ada lawan bicaramu bisa ilfil dan nggak mau lagi bernego dengan kamu.

Hey, ingat, main layangan saja kalau kamu tarik terus, dia nggak akan bisa terbang. Jadi, saat negosiasi, pastikan kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk mundur sejenak. Apalagi jika proses negosiasi sudah mentok alias deadlock, kamu rasanya perlu untuk mundur dan mengatur negosiasi di lain waktu.

Nah, itu beberapa skill negosiasi yang rasanya perlu kamu miliki untuk meningkatkan proses negosiasi kamu. Semoga bermanfaat, ya!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!