Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini Tanda – Tanda Seseorang Dengan Kecerdasan Tinggi, Kamu Termasuk?
For Jobseeker

Ini Tanda – Tanda Seseorang Dengan Kecerdasan Tinggi, Kamu Termasuk?

Karina

July 21 • 4 min read

ini-tanda-tanda-seseorang-dengan-kecerdasan-tinggi-kamu-termasuk

Orang cerdas adalah orang – orang yang memiliki IQ tinggi. Apakah benar?

Bisa jadi, tapi tidak selalu seperti itu. Selain IQ, untuk dapat melihat kecerdasan seseorang juga dapat ditinjau dari cara hidup sehari – hari, terutama dalam pola pikir mereka, cara mereka menyelesaikan masalah, fleksibilitas mereka dan lain sebagainya dan sepertinya banyak orang yang tidak menyadari hal itu. Hal ini terjadi karena jarang orang yang mengenali ciri-ciri atau tanda orang cerdas.

Mengetahui ciri orang cerdas mungkin bisa membantu mengenali dirimu yang sebenarnya. Berikut 5 tanda – tanda orang dengan kecerdasan tinggi :

1. Kerendahan Hati Intelektual

Apa artinya?

Tanda ini dapat dijelaskan dengan contoh misalnya saat wawancara kerja. Saat rekruter atau interviewer bertanya kepada kandidat sebuah pertanyaan yang tidak akan diketahui jawabannya oleh kandidat. Ketika mereka menjawab tidak tahu, itu adalah salah satu tanda seseorang memiliki kerendahan hati intelektual. Daripada memaksakan suatu jawaban atau malah memalsukannya, lebih baik katakan tidak tahu dan hal ini juga berkorelasi dengan pengambilan keputusan yang lebih baik.

2. Kesadaran Diri atau Self Referential

Mereka yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi biasanya akan membicarakan dan menganalisis proses berpikir mereka sendiri. Mereka objektif dan mengkritik sifat mereka. Mereka tahu kapan dan bagaimana mereka dapat melakukan yang terbaik.

Contoh :

Saat seseorang mendapatkan tugas atau tanggung jawab baru maka ia akan mengatakan ini, “Saya harus meletakkan ini di kalender saya atau saya tidak akan bertanggung jawab.”

Tidak mengherankan, orang – orang dengan kesadaran tinggi yang tinggi adalah orang – orang yang hebat. Mereka memanfaatkan kesadaran diri mereka untuk keuntungan mereka.

3. Jeli atau observant

Tanda kecerdasan lainnya adalah jeli atau teliti. Orang – orang cerdas tidak selalu yang paling banyak bicara. Saat orang lain biasanya berbicara atau menunjukkan siapa mereka, orang – orang cerdas adalah kebalikannya. Daripada membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang lain tentang kebenaran pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan jeli atau hanya mengamati.

4. Keingintahuan Yang Besar

Orang cerdas cenderung ingin tahu. Mereka ingin tahu lebih banyak dan lebih detail. Karena dengan belajar lebih banyak, dengan tahu lebih banyak mereka akan memiliki peluang berhasil lebih tinggi.

Hal ini juga telah didukung oleh sebuah studi dari Goldsmiths University of London menemukan bahwa “bagaimana orang menginvestasikan waktu dan usaha mereka dalam kecerdasan mereka” (yaitu memberi makan rasa ingin tahu mereka) memainkan peran besar dalam pertumbuhan kognitif.

5. Memiliki Ingatan Yang Baik

Menurt Jackson dalam Bustle, memori kerja yang baik dan kecerdasan adalah hal yang sangat berkorelasi. Ketika seseorang memiliki memori kerja yang baik, ini berarti ia memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, kemampuan untuk fokus dan memperhatikan dengan baik. Ini juga berarti kamu memiliki fleksibilitas kognitif, dan dapat dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lainnya.

ini-tanda-tanda-seseorang-dengan-kecerdasan-tinggi-kamu-termasuk

Artikel dilansir dari Medium, Bustle dan Inc.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!