Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Sebelum Mengubah Karir Atau Pekerjaan Simak Tips – Tips Berikut!
For Jobseeker

Sebelum Mengubah Karir Atau Pekerjaan Simak Tips – Tips Berikut!

Karina

August 25 • 6 min read

sebelum-mengubah-karir-atau-pekerjaan-simak-tips-tips-berikut

Tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan dalam hidup, apalagi di situasi sekarang. Pandemi yang berlangsung saat ini telah memberi kita waktu atau jeda untuk melihat secara mendalam bagaimana kita menghabiskan waktu sehari – hari khususnya masalah pekerjaan. Jika kamu berpikir tentang perubahan karir, ini mungkin saatnya kamu mempertanyakan apa yang sebenarnya kamu inginkan dan apakah pekerjaan saat ini sudah membuatmu puas?

Dibalik pro dan kontranya perubahan karir juga memiliki manfaat jika kamu benar – benar sudah bertekad, misalnya:

  • Kesempatan Explore Hal Baru Atau Mencari Passion

Tidak peduli seberapa besar bayaran atau nama perusahaan, terkadang kamu mungkin merasa sayang jika tidak melakukan sesuatu yang benar-benar  disukai ataupun mencoba suatu hal yang baru. Keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang benar-benar dapat membuat mereka bersemangat sering menjadi alasan seseorang mengubah karirnya.

  • Pembuktian Diri

Mengubah karir bisa ajang pembuktian untukmu. Karena berkarir di industri baru untuk pertama kalinya pasti sebuah tantangan yang harus dilalui dan merupakan experience baru. Dengan berganti karir kamu punya kesempatan membuktikan bahwa kamu mampu dan berhasil di bidang lain.

Seperti halnya Lionel Messi yang baru – baru ini berpindah dari klub Barcelona dan masuk ke Manchester City. Pindah dari klub yang bertahun – tahun bersamanya pasti keputusan yang sulit tapi perpindahan ini bisa menjadi ajang pembuktian bagi Messi karena akan berkarier di Spanyol untuk pertama kalinya sebagai pesepak bola profesional.

  • Menjadi Lebih Baik

Memilih karir baru dan mencari tahu bagaimana menggunakan keterampilan tersebut dalam konteks baru adalah proses yang sangat memuaskan. jika kamu melakukan perubahan karir dengan cara yang benar, kamu dapat merasakan bagaimana pekerjaan tersebut membuatmu “tumbuh”.

Tetapi, mengubah karir bukan berarti hanya melakukan sesuatu yang berbeda dari karir atau pekerjaan kamu sebelumnya tetapi termasuk juga mendesain ulang gaya hidup, pemikiran, kegiatan sehari – hari bahkan mengubah tujuan jangka panjangmu. Hal ini lebih kompleks dari yang kita kira dan apa yang terlihat di permukaan, maka dari itu membutuhkan perencanaan yang matang dan pemikiran melalui mengapa, apa, dan kapan saat kamu memutuskan mengubah jalan karirmu.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti saat hendak mengubah karir:

Bertanya Pada Diri Sendiri

Saat hendak mengubah karir, mulai dengan menanyakan hal ini pada diri sendiri. Mengapa kamu ingin berubah? Apa yang membuatmu ingin berhenti dari pekerjaan saat ini? Apakah budaya pekerjaan? Passion? Atau ada hal – hal lain yang menghambat perkembangan? Tanyakan dulu hal ini kepada diri sendiri, apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kamu bahkan dapat mengambil cuti atau waktu off dari pekerjaan untuk fokus pada hal ini.

Pikirkan Nilai,  Minat Dan Keterampilan

Setelah menjawab pertanyaan mengapa kamu ingin berhenti dari pekerjaan saat ini, kamu harus menilai serta melihat kembali nilai, minat serta keterampilan apa yang kamu miliki agar kamu dapat menentukan apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya kemudian tuliskan langkah-langkah yang perlu kamu ambil dan masalah yang mungkin hadapi.

Cari informasi sebanyak – banyaknya

Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang bidang/ pekerjaan yang ingin kamu lakukan. Semakin banyak informasi tentunya akan semakin bagus, kamu juga dapat meminta bantuan kolegamu di bidang tersebut  untuk mendapat informasi mendalam. Selain itu kamu juga dapat melakukan brainstorm terkait alternatif karir yang kamu inginkan serta rencana cadangan terkait hal – hal yang tidak diinginkan atau tidak bisa kamu kontrol.

Tentukan waktu yang tepat

Kapan perubahan itu akan terjadi? Atau kapan kamu siap untuk masuk ke dunia yang baru? Bersikaplah realistis tentang waktu yang dibutuhkan. Beberapa perubahan dalam karir tidak mungkin terjadi dalam jangka pendek. Jangan membuat dirimu gagal dengan bertindak gegabah dan menetapkan tujuan yang tidak realistis dalam kerangka waktu yang tidak diatur.

Apapun alasanmu mengubah karir, entah mengejar passion, pekerjaan sampingan atau hanya mencari perubahan, ketahuilah bahwa itu bukan hal yang mudah. Butuh perencanaan dan pemikiran yang matang dalam pengambilan keputusan tersebut.

Jika kamu sedang berpikir untuk mengubah karir, yuk coba lihat lowongan terbaru di Kalibrr dengan klik link berikut.

“cta”

Artikel dilansir dari Harvard Business ReviewThe Balance Career dan Suara.com.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!