Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Sudahkah Strategi Employee Engagement Anda Tepat?
For Employer

Sudahkah Strategi Employee Engagement Anda Tepat?

Karina

June 28 • 4 min read

sudahkah-strategi-employee-engagement-anda-tepat

Kondisi bisnis saat ini turut bergejolak karena kondisi perekonomian yang tak pasti disebabkan adanya virus covid 19 yang menyerang seluruh dunia. Karena kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah, sebagian besar perusahaan akhirnya memberikan aturan bagi para karyawan untuk dapat bekerja dari rumah atau sering disingkat WFH (Work From Home).

Tapi nyatanya aturan ini dirasa sulit bagi beberapa karyawan karena tidak dapat berkonsentrasi dengan baik selama bekerja dari rumah dan adanya konflik antara kehidupan pribadi dan pekerjaan yang muncul karena hal ini. Selain itu sebagian besar karyawan juga merasa stres karena meningkatnya kasus COVID-19, perasaan tidak yakin tentang keamanan pekerjaan mereka dan juga tentang penghasilan yang mengakibatkan menurunnya produktivitas sehingga perlu adanya employee engagement.

Employee engagement merupakan tanggung jawab utama perusahaan sebagai upaya menjaga kesejahteraan karyawan. Dalam kondisi pandemi seperti ini employee engagement merupakan tantangan bagi SDM profesional untuk membuat karyawan tetap engaged pekerjaan mereka. Karyawan adalah aset yang berharga bagi perusahaan, employee engagement sangat penting untuk perusahaan dalam menjaga aset tersebut. Tanpa employee engagement, sebuah perusahaan tidak akan dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Menurut Jones dan Kober (2019) dalam artikel NCBI menjelaskan terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai employee engagement yang unggul di masa-masa sulit seperti pandemi saat ini.

Strategi – strategi tersebut adalah :

  • Tetap Terpusat Pada Value Atau Nilai – Nilai Inti Perusahaan

Value perusahaan merupakan landasan atau dasar dalam menjalankan perusahaan. Walaupun dalam masa sulit seperti sekarang ini, value perusahaan tetap harus menjadi pegangan bagi para karyawan dan menjadi pendorong employee engagement di masa-masa sulit.

  • Dukung Karyawan

Beri dukungan kepada karyawan Anda secara langsung sehingga mereka tetap termotivasi, saat Work From Home (WFH) seperti sekarang ini Anda dapat memberi dukungan berupa memastikan karyawan memiliki bahan dan peralatan untuk bekerja

  • Mintalah Feedback Dari Karyawan

Mintalah karyawan untuk berbagi informasi secara bebas baik keluhan maupun ide, untuk perkembangan perusahaan dengan cara yang produktif. Dengan begitu Anda akan mengetahui hal – hal apa saja yang perlu diperbaiki dan apa yang dihatapkan oleh karyawan

  • Berkomunikasi

Karyawan—pemimpin harus berkomunikasi secara terbuka dan jujur, sehingga karyawan bekerja lebih efektif. Komunikasi juga merupakan bentuk kepedulian Anda dan juga perusahaan kepada karyawan.

  • Berkomitmen Pada Pekerjaan Karyawan

Tunjukkan komitmen pada pekerjaan Anda dan pekerjaan karyawan sehingga karyawan juga akan harus berkomitmen pada perusahaan. Jangan lupa untuk memberikan pengakuan atau apresiasi pada karyawan.

Selain 5 strategi di atas anda juga dapat menggunakan strategi – strategi lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Anda dapat menggunakan enam parameter ini untuk menjadi patokan Anda membuat strategi lainnya yaitu :

  1. clarity
  2. confidence
  3. convey
  4. connect
  5. credibility
  6. career

Strategi ini juga sering disebut dengan six C’s parameters. Jika perusahaan berinvestasi dalam sumber daya manusia yang baik melalui employee engagement ini maka tentu akan memberikan hasil yang baik juga berupa peningkatan kinerja dan profit perusahaan.

sudahkah-strategi-employee-engagement-anda-tepat

Artikel dilansir dari NCBI.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!