Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Tips Ini Bantu Atasi Ketakutan dengan Karyawan Senior di Kantor
For Jobseeker

Tips Ini Bantu Atasi Ketakutan dengan Karyawan Senior di Kantor

Karina

December 18 • 6 min read

tips-ini-bantu-atasi-ketakutan-dengan-karyawan-senior-di-kantor

Label “senior” seringkali disematkan untuk orang yang lebih tua, lebih dulu masuk, dan lebih berpengalaman dalam suatu bidang. Istilah karyawan senior sendiri biasanya muncul karena cap yang diberikan oleh orang lain, melihat seseorang sesuai dengan kualifikasi yang disebutkan sebelumnya.

Nggak semua orang suka untuk disanjung-sanjungkan dengan label senior, lho. Ada yang justru merasa nggak nyaman untuk disebut sebagai seorang senior, tetapi bukan berarti nggak ada yang malah memiliki keinginan untuk diingat sebagai seorang senior juga.

Senioritas itu akan selalu ada, di mana pun kita berada. Baik itu di lingkungan sekolah, rumah, tempat ibadah, komunitas, kantor, dan masih banyak lagi. Terutama di dunia kerja, senioritas rasanya menjadi hal yang sangat menakutkan, dan bikin orang jadi nggak bebas bergerak selama berada di lingkungan kantor, terutama untuk anak yang baru masuk.

Pak M. Soleh Al Hakim punya tips nih, untuk atasi ketakutan dengan senior di kantor. Untuk kalian yang masih ngerasa takut dengan senior, yuk baca tips berikut ini!

tips-ini-bantu-atasi-ketakutan-dengan-karyawan-senior-di-kantor

Tips pertama dan bisa dibilang paling penting adalah mengenal para senior dengan sebaik-baiknya. Penting untuk kita nggak nge-judge orang sebelum berkenalan dengan mereka. Nah, langkah awal ini penting untuk anak baru, karena dengan mengenal para senior, kita akan tahu bagaimana untuk bersikap di sekitar mereka. Dengan begitu pula, kita nggak akan canggung untuk ngobrol sama mereka, karena kita sudah tahu minimal nama dan jabatan mereka di kantor. Jangan takut untuk mendatangi mereka, dengan begitu mereka juga pasti akan ingat sama kamu, kok!

Untuk orang baru, biasanya karyawan senior bakal mengamati apa yang kita kerjakan dan sebaik apa kita menyelesaikan kerjaan tersebut. Tapi jangan takut! Justru disini adalah saat yang tepat banget buat kita pede mengeluarkan skill, knowledge, dan attitude terbaik yang kita punya. Jangan ragu buat menunjukkan kalau kita memang pantas dan bisa diandalkan untuk sebuah pekerjaan.

Apa artinya mengenal senior kalau kita nggak mau bergaul sama mereka? Nah, yang satu ini penting lho untuk bergaul sama mereka, supaya kita nggak ngerasa canggung lagi untuk berada di sekitar mereka. Jangan takut untuk ikut bergabung saat mereka lagi ngopi, nongkrong, atau makan siang di kantor.

tips-ini-bantu-atasi-ketakutan-dengan-karyawan-senior-di-kantor

Perlu diingat juga, jangan sampai dengan gaya yang sok asik, kita malah jadi terlalu banyak ngomong dan rasanya mendominasi pembicaraan. Bergaul memang penting, tapi kamu harus tahu kapan kamu harus berhenti supaya para senior nggak ngerasa annoyed sama kehadiran kamu.

Ketika mendapatkan tugas baru dari atasan dan kita kurang paham dengan tugas tersebut, ini adalah kesempatan yang tepat untuk bertanya dengan senior kita. Walaupun memang kita mungkin bisa bertanya ke rekan yang lain, tetapi nggak ada salahnya untuk mendekati karyawan senior dengan cara ini lho. Selain jadi bisa lebih mengenal senior, kita juga bisa mendapatkan ilmu dari senior yang pastinya sudah lebih berpengalaman daripada kita.

Jadilah dirimu sendiri dalam berpenampilan, tetapi perlu diingat buat jangan berpenampilan yang berlebihan, norak, dan suka tabrak-tabrak warna. Kalau senior kita berpenampilan rapi, ada baiknya kita mencontoh hal tersebut dan berpenampilan rapi juga. Nggak harus mengikuti 100% gayanya, kok, yang penting kita bisa menempatkan diri dengan pakaian yang sesuai digunakan untuk ke kantor.

6. Bersikap easygoing

Yang terakhir, jangan pernah menganggap karyawan senior sebagai monster atau nightmare yang bakal selalu menghantui hari-hari selama di kantor. Kalau mereka menganggap kita sebagai pesaing, anggap saja diri kita adalah pembanding. Kalau diperhatikan, sebenarnya mereka juga sama salting-nya dengan kita ketika mereka baru pertama kali bekerja. Teruslah bersikap bijaksana, sabar, dan sopan, supaya senior nggak malas untuk bergaul sama kita!

Itulah tadi beberapa tips dari Pak Hakeem untuk menghilangkan rasa takut dengan senior di tempat kerja. Walaupun rasa takut dengan senior itu pasti ada, nggak ada salahnya untuk kita mencoba blended well sama mereka, supaya hari-hari di tempat kerja menjadi lebih enak lagi untuk dijalaninya. Satu lagi, jangan tunjukkan sikap sok tahu di depan senior, tetaplah humble, dan down to earth!

Source: Mengatasi Senioritas di Kantor

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!