Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Tips Kelola Gaji Yang Tepat Biar Gak “Sekarat” Sampai Akhir Bulan
For Jobseeker

Tips Kelola Gaji Yang Tepat Biar Gak “Sekarat” Sampai Akhir Bulan

Karina

July 01 • 5 min read

Untuk membangun masa depan yang cerah dan mencapai financial freedom di usia yang kamu inginkan, dapat dilakukan dengan memperbaiki kondisi keuanganmu saat ini.

Dengan mengatur budget serta mengelola gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya dengan baik akan membuat kamu memiliki keuangan yang stabil dan ga “sekarat” di akhir bulan karena tidak perlu memikirkan masalah keuangan yang tentunya bikin pusing.

Kamu dapat menggunakan aturan anggaran 50/20/30 yakni aturan yang dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dalam bukunya “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan” yang bertujuan untuk membagi pendapatan dengan patokan 50% untuk memenuhi kebutuhan utama, 30% untuk memenuhi keinginan tambahan serta 20% untuk berhemat alias nabung.

Berikut penjelasannya :

  • 50% Untuk Kebutuhan Utama/ Sehari – hari

Kebutuhan utama artinya kebutuhan atau hal – hal yang menjadi pengeluaran wajib seperti belanja bahan makanan dan bumbu dapur, alat mandi, biaya transportasi, sampai persediaan air galon atau obat-obatan yang dikonsumsi. Selain itu tagihan – tagihan wajib seperti tagihan listrik/air, asuransi, atau cicilan-cicilan lain yang belum lunas juga masuk dalam kebutuhan utama ini

Tips :

Jika ingin lebih berhemat lagi di anggaran ini, kamu perlu lebih disiplin dan teliti dalam membeli kebutuhan harian tadi dan kamu juga dapat mencari substitusi produk yang lebih ekonomis. Misalkan, jika sebelumnya kamu menggunakan kendaraan pribadi coba ganti jadi transportasi publik untuk memotong biaya transportasi.

  • 30% Untuk Keinginan Tambahan

Setelah kebutuhan utama tadi terpenuhi kamu dapat menggunakan 30% dari gaji kamu untuk memenuhi keinginan tambahan seperti nongkrong, nge-gym, beli make up atau membeli smartphone baru. Tapi kamu perlu berhati – hati pada anggaran ini, karena kebanyakan orang seringkali overspending dan berpengaruh pada budget – budget yang lain.

Tips :

Bijaksana dalam menggunakan anggaran ini, jangan terlalu impulsive dan belanja hal – hal yang tidak terlalu kamu butuhkan. Semakin kecil angka yang kamu keluarkan pada kategori ini semakin banyak jumlah uang yang bisa kamu tabung.

  • 20% Untuk Tabungan Atau Investasi

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik. Untuk kamu di usia 20an, menabung rasanya memang hal yang tidak perlu terlalu dipusingkan tapi semakin dini kamu mulai menabung maka akan semakin secured tabunganmu untuk masa depan. Dengan mulai menyisihkan 20% dari penghasilan kamu untuk disimpan, banyak hal yang bisa kamu capai misalnya menyiapkan dana darurat, dana pensiun bahkan bisa membantumu untuk memulai sebuah investasi.

Tips :

Anggaran untuk menabung ini dapat kamu lakukan setelah kebutuhan utamamu terpenuhi atau jika kamu memiliki sejumlah goals tertentu untuk tabunganmu, kamu dapat mendahulukan anggaran ini sebelum anggaran kebutuhan tambahan.

Sebagai tambahan kamu juga dapat mengikuti tips berikut agar aturan 50/30/20 di atas dapat berjalan dengan baik :

  • Hitung Pendapatan Bersih

Hitung jumlah pendapatan bersih setelah dipotong pajak yang kamu terima setiap bulannya. Bagi pekerja kantoran, hal ini lebih mudah karena biasanya gaji yang dibawa pulang adalah nett. Tapi jika kamu seorang freelancer atau memiliki usaha sendiri, pastikan kamu sudah mengurangi pendapatan dengan pajak dan potongan lainnya.

  • Catatan Keuangan

Mencatat keuangan sebenarnya hal yang  sangat penting karena dengan begitu kamu akan tahu kemana dan untuk apa saja uangmu digunakan. Pengeluaran juga akan terlihat lebih rapi, tapi jika ingin membuat catatan keuangan kamu harus konsisten dan lakukan evaluasi setiap bulannya berdasarkan catatanmu. Jadi kamu juga akan mengetahui di anggaran mana penghematan dapat dilakukan.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!