Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Webinar Tempat Mencari Ilmu ✖️, Webinar Tempat Mencari Talent ✔️
For Jobseeker

Webinar Tempat Mencari Ilmu ✖️, Webinar Tempat Mencari Talent ✔️

Karina

June 03 • 6 min read

Webinar atau kepanjangan dari web-seminar sekarang merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh instansi, perusahaan ataupun komunitas – komunitas untuk menggantikan seminar yang dulu biasa dilakukan sebelum pandemi. Kegiatan ini menjadi tren baru karena banyaknya yang mengadakan webinar ini dengan berbagi topik dan konsep – konsep yang menarik. Cukup dari rumah, hemat waktu, biaya dan tenaga serta mendapatkan pengetahuan baru, hal yang tidak boleh dilewatkan bukan?

Tapi selain untuk meraih ilmu atau wawasan baru, ternyata webinar juga dapat dijadikan sebagai media atau strategi dalam proses rekrutmen. Namun webinar ini seringkali kurang dimanfaatkan dalam proses rekrutmen karena adanya berbagai jenis alat teknologi lain yang digunakan dalam proses perekrutan, padahal webinar seperti ini sama efektifnya dengan proses rekrutmen lain selama perusahaan Anda siap sepenuhnya untuk masuk ke dunia digital. Strategi rekrutmen menggunakan webinar juga memiliki beberapa keuntungan atau benefit dalam proses rekrutmen itu sendiri, seperti menjangkau banyak orang, biaya yang lebih murah, hemat waktu dan lain sebagainya. sebagai strategi yang dapat diperhitungkan dalam mendapat talent yang tepat untuk perusahaan.

Berikut adalah 6 tips untuk anda menjadikan webinar sebagai strategi rekutmen yang berdampak atau bermanfaat bagi perusahaan Anda :

1. Pilih target audiens Anda

Dengan mengadakan webinar anda dapat menargetkan kumpulan calon potensial yang ingin Anda raih. Hal ini tentu dapat diwujudkan dengan cara memilih judul webinar yang tepat dan dapat menarik minat target yang dituju. Misalnya Anda menargetkan talent  atau orang – orang yang passionate dengan teknologi agar tertarik dengan perusahan anda, maka buatlah webinar yang berkaitan dengan teknologi atau topik khusus yang membahas suatu istilah, kegiatan atau profesi yang akan membuat target Anda tertarik untuk mengikuti webinar Anda.

2. Kemudahan akses

Agar banyak orang tertarik mengikuti webinar yang Anda selenggarakan berikan kemudahan akses berupa berikan tautan dimana Anda akan mengadakan webinar tersebut. Seperti zoom, webex, skype ataupun media lainnya. Berikan informasi yang jelas terkait hal tersebut dan hindari terjadinya salah ketik karena hal itu akan berakibat fatal.

3. Berikan sesi yang menarik dan interaktif

Webinar dapat Anda jadikan salah satu cara unik untuk menarik talent yang memenuhi syarat untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Webinar memungkinkan perusahaan Anda untuk menunjukkan apa yang dimiliki atau ditawarkan perusahaan kepada calon karyawan. Persiapkan webinar dengan presentasi yang visual, seperti video, gambar maupun suara serta unsur – unsur interaktif yang dapat meningkatkan minat talent bergabung ke perusahaan Anda. Pastikan Anda menunjukkan semua keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

4. Ingatkan peserta

Hal ini sering terjadi karena biasanya para peserta lupa bahwa mereka telah mendaftar sebuah webinar. Maka dari itu penting untuk Anda mengirimkan pengingat kepada peserta untuk meningkatkan tingkat kehadiran. Jadwalkan pengingat pada sehari sebelum dan hari acara. Anda juga dapat menggunakan bahasa yang kreatif atau persuasif seperti “jangan lewatkan”,  “sebentar lagi”, “jangan sampai ketinggalan” atau kata – kata semacam  itu agar audiens segera masuk ke sesi webinar Anda.

5. Pikirkan kendala – kendala teknis yang mungkin terjadi

Siapkan segala hal sebelum mengadakan webinar mulai dari perangkat, mengubungi moderator, pembicara, operator dan lain – lain. Jangan lupa juga siapkan jaringan internet yang kuat karena seringkali terjadi masalah pada hal tersebut. Pastikan pembicara dan moderator bergabung setidaknya 10 menit lebih awal untuk menguji audio mereka, membuka presentasi dan memutar video jika terdapat video dalam sesi webinar.

6. Berlatih

Webinar yang tidak terorganisir tentu akan memberi kesan yang buruk kepada perusahaan. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya Anda berlatih sebelum memulai sesi webinar. Periksa hal – hal detail seperti kapan pembicara memulai slide, kapan waktunya bertanya, kapan waktu moderator ice breaking dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui tips – tips mengadakan webinar sebagai salah satu proses rekrutmen pastikan untuk menyertakan webinar dalam strategi perekrutan Anda untuk menghemat waktu, uang, dan menemukan talent terbaik yang dibutuhkan perusahaan anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan webinar ke dalam bagian dari proses rekrutmen anda, Kalibrr dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mewujudkannya. Kalibrr siap membantu anda menyelenggarakan acara – acara yang dapat menunjang kebutuhan perusahaan anda . Hubungi kami segera di yanto@kalibrr.com untuk info lebih lanjut.

 

Artikel dilansir dari Florecruit, ClickMeeting dan Myownconference

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!