Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Daftar Sertifikasi Terbaik Di Bidang IT Untuk Pemula Hingga Eksekutif
For Jobseeker

Daftar Sertifikasi Terbaik Di Bidang IT Untuk Pemula Hingga Eksekutif

Karina

September 29 • 5 min read

daftar-sertifikasi-terbaik-di-bidang-it-untuk-pemula-hingga-eksekutif

Semakin ketatnya persaingan mencari pekerjaan saat ini menjadikan gelar atau magang saja sering tidak cukup untuk membuat rekruter atau perusahaan terkesan, apalagi jika kamu adalah seorang lulusan di bidang teknologi yang ingin memulai karir teknologi informasi (TI).

Saat melamar rekruter pasti akan mengevaluasi resume kamu dan biasanya mereka sering memulai dengan melihat pengalaman serta sertifikasi yang kamu miliki. Rekruter melakukan hal tersebut karena mereka tentunya menginginkan kandidat dengan pengetahuan terkini, dan sertifikasi biasanya dapat mencerminkan hal tersebut. Sertifikasi dapat dengan cepat menunjukkan kepada rekruter penguasaan seseorang terhadap pemahaman atau praktik teknologi tertentu, mulai dari dasar – dasar ataupun sertifikasi tentang penguasaan cloud yang kompleks.

Dilansir dari laman Robert Half, berikut beberapa daftar sertifikasi bagi kamu lulusan IT atau yang ingin berkarir di bidang IT yang dapat kamu ikuti:

Sertifikasi IT Untuk Pemula

CompTIA A+: sertifikasi CompTIA ini merupakan sertifikasi tingkat dasar bagi pemula di bidang TI yang semua isinya tentang perangkat keras (hardware), dukungan teknis, dan pemecahan masalah. Sertifikasi ini juga mencakup praktik terbaik dalam keamanan, jaringan, prosedur operasional, perangkat seluler, dan berbagai sistem operasi.

Sertifikasi ISACA

ISACA merupakan sebuah organisasi profesional internasional di bidang tata kelola teknologi informasi yang didirikan di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk keamanan dan tata kelola Teknologi InformasI, ISACA kemudian mengelola sejumlah program sertifikasi global yang dapat kamu ikuti yakni:

Certified information security manager (CISM): sertifikasi ini dirancang untuk para profesional yang ingin beralih dari security technologist ke manajer TI. CISM dirancang untuk orang yang merancang, membangun, dan mengelola program keamanan informasi. Tetapi sertifikasi memiliki syarat yakni harus memiliki setidaknya lima tahun pengalaman IS dan tiga tahun sebagai manajer keamanan.

Certified in risk and information systems control (CRISC): CRISC dirancang untuk seseorang yang mencari posisi manajer keamanan atau direktur di perusahaan. Sertifikasi menunjukkan bahwa individu tersebut terampil dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko TI serta menerapkan dan memelihara kontrol sistem informasi. Hal tersebut mencakup identifikasi risiko, penilaian risiko, respons dan mitigasi risiko, serta pemantauan dan pelaporan pengendalian risiko.

Sertifikasi Untuk Cloud Computing

Cloud computing kini termasuk dalam salah satu tren teknologi yang berkembang dengan cepat, sehingga skill-nya pun banyak dicari oleh perusahaan dan lebih banyak kredensial terkait cloud yang akan muncul.

AWS certified solutions architect — professional: AWS merupakan sebuah penyedia cloud yang paling dikenal dan digunakan secara luas. Sertifikasi AWS Solutions Architect ini dibuat untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki keterampilan untuk merancang infrastruktur cloud, arsitektur referensi, dan menerapkan sistem dan aplikasi di AWS ( Amazon Web Services).

Sertifikasi Basis data (Data Analytics, Data Technologies, etc)

Database merupakan dasar dalam pengoperasian teknologi informasi, pertumbuhan serta transformasi digital saat ini telah mendorong peluang karir baru di bidang data ini, berikut sertifikasi yang dapat mendukung keterampilan di bidang data:

Certified data professional (CDP): CPD merupakan salah satu sertifikasi paling komprehensif untuk profesional data yang ditawarkan oleh Institute for Certification of Computing Professionals (ICCP). CDP ditawarkan dalam lima tingkatan, mulai dari tingkat dasar hingga manajemen eksekutif, kamu juga dapat fokus pada peran tertentu, seperti analitik bisnis, tata kelola data, arsitektur data perusahaan, analitik data, dan pergudangan data.

SAP certified technology associate: Sertifikasi ini digunakan untuk membantu memvalidasi kemampuan kamu dalam, mengelola, memantau, memigrasikan, dan memecahkan masalah teknologi basis data SAP.

Microsoft SQL Server certifications: Microsoft menawarkan berbagai sertifikasi terkait database, termasuk administrasi database, intelijen bisnis, dan manajemen data dan analitik.

Artikel dilansir dari RobertHalf dan Thebalancecareers.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!