Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 3 Ide Project Yang Dapat Dikuti/ Dilakukan Bagi Kamu Mahasiswa Maupun Lulusan IT!
For Jobseeker

3 Ide Project Yang Dapat Dikuti/ Dilakukan Bagi Kamu Mahasiswa Maupun Lulusan IT!

Karina

September 08 • 4 min read

ide-project-yang-dapat-dikuti-dilakukan-bagi-kamu-mahasiswa-maupun-lulusan-it

Bagi kamu yang merupakan mahasiswa IT atau lulusan IT, perlu effort lebih untuk menunjukkan kemampuan kamu kepada rekruter. Karena mereka biasanya membutuhkan bukti nyata untuk mengukur kemampuan kamu, salah satunya yang sering ditanyakan oleh rekruter adalah perihal project yang telah kamu lakukan atau kamu ikuti.

Setelah kamu mendapat pengetahuan dan keterampilan di bidang IT jika kamu tidak mempraktekannya maka akan sangat disayangkan. Inilah sebabnya mengapa melakukan atau mengikuti project seperti pengembangan software se-segera mungkin dapat menguntungkan kamu.

Dengan mengerjakan project IT based secara langsung, kamu dapat mempercantik resume kamu dan juga memposisikan diri sebagai kandidat ideal di bidang IT.

Berikut 3 ide project menarik yang dapat kamu ikuti dan dapat mengasah keterampilan pemrograman dan pengembangan kamu:

1. Advanced Employee Management System

Biasanya, perusahaan atau instansi besar memiliki banyak sumber daya manusia yang bekerja di bawah mereka sehingga jumlah karyawan manusia yang harus dikelola sangat banyak menjadi sulit untuk mengawasi dan mengelola aktivitas sumber daya manusia secara efisien.

Hal tersebut menyebabkan perusahaan/instansi membutuhkan semacam sistem manajemen karyawan yang canggih yang dapat menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan.Proyek ini bertujuan untuk membangun sistem manajemen karyawan yang mengkonsolidasikan semua informasi yang relevan tentang sumber daya manusia perusahaan. Ini bisa menjadi salah satu ide proyek kelulusan untuk mahasiswa IT.

2. Bug Tracker

Seperti namanya, proyek ini adalah pembuatan aplikasi pelacakan bug yang membantu mengidentifikasi dan melacak bug dalam proyek atau sistem. Proyek ini memiliki tiga modul – Admin, Staf, dan Pengguna.

Admin dapat masuk ke aplikasi dan memasukkan detail proyek dan anggota staf, melihat keluhan pengguna, menetapkan tugas kepada anggota, melacak status resolusi bug, dan mengirim pesan ke pengguna. Staf dapat masuk ke aplikasi untuk melihat keluhan bug yang diberikan kepada mereka dan mulai mengerjakannya. Jika anggota tidak dapat menyelesaikan masalah bug, mereka dapat meneruskan masalah tersebut ke anggota lain. Sedangkan untuk pengguna, mereka dapat melihat status kemajuan keluhan bug mereka.

Dengan cara ini, aplikasi pelacakan bug menjaga proses pemantauan dan penyelesaian bug perangkat lunak tetap transparan dan mulus. Kamu dapat melakukan atau mengikuti proyek semacam ini sehingga nantinya dapat membantu perusahaan mengatasi bug mereka.

3. E-learning Platform

Jika melakukan proyek ini, maka akan memumgkinkan kamu untuk dapat membangun platform e-learning yang dapat dibagikan menggunakan infrastruktur komputasi awan untuk pembelajaran online. Platform e-learning ini akan memungkinkan Learning Management Systems (LMS) independen yang tertanam dalam berbagai standar e-Learning untuk berbagi objek, modul, dan konten pembelajaran mereka. Kamu akan membuat proses belajar online menjadi lebih mudah.

ide-project-yang-dapat-dikuti-dilakukan-bagi-kamu-mahasiswa-maupun-lulusan-it

Artikel dilansir dari Upgrad.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!