Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini 5 Kerugian Kalau Kamu Terlalu ‘Baper’ di Tempat Kerja
For Jobseeker

Ini 5 Kerugian Kalau Kamu Terlalu ‘Baper’ di Tempat Kerja

Karina

November 15 • 6 min read

ini-kerugian-kalau-kamu-terlalu-baper-di-tempat-kerja

Emosi adalah perasaan yang pasti dirasakan oleh semua orang. Nggak semua emosi itu positif, ada juga emosi yang negatif. Ketika emosi tersebut datang melalui jalan yang negatif, biasanya orang akan mencoba untuk menjaga diri mereka untuk tetap berpikiran positif tentang sekitar.

Tapi, nggak jarang lingkungan yang membuat seseorang memiliki emosi yang negatif. Seperti halnya di tempat kerja. Bertemu dengan banyak orang yang memiliki sifat dan sikap yang berbeda, akan membawa dampak tersendiri untuk psikologis kita. Ketika kita bisa membaur dengan baik dan mengerti flow di tempat tersebut, tentu kita nggak akan merasa kesulitan untuk mengatur emosi kita. Tapi.. bagaimana kalau kebalikannya?

Nah, ketika kita nggak merasa nyaman, rasa baper pun jadi muncul. Sering baper nggak bagus, loh! Karena orang yang sering ngerasa baper akan cenderung terlihat menyebalkan di mata orang lain. Selain itu, ada hal lain yang bisa terjadi kalau kamu terlalu baper di tempat kerja. Yuk, kita simak tips anti baper di tempat kerja berikut ini!

Baca JugaTips Sederhana Supaya Kamu Nggak Jadi Kolega yang Egois

1.    Dunia kerja itu keras, cobalah untuk nggak jadi orang yang egois

Dunia kerja pastinya berbeda banget dengan kuliah. Saat kamu memutuskan untuk bekerja, kamu harus tahu kalau di dunia kerja itu keras. Ketika kamu diberikan pekerjaan, kamu harus bisa menyelesaikannya tepat waktu dan dengan baik. Kalau nggak, kamu akan dinilai kurang kompeten dan nggak bertanggungjawab.

Selain itu, adaptasi juga sangat penting. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjamu dan cobalah untuk nggak jadi orang yang egois. Kamu juga perlu membedakan mana emosi yang menguntungkan, dan mana emosi yang justru merugikan performa kamu di tempat kerja. Kamu mungkin ingin mencoba mencari-cari tips karir supaya kamu benar-benar siap untuk memasuki dunia kerja.

2.    Nggak bisa menerima kerjaan dengan ikhlas

Ada saatnya kamu merasa nggak banyak kerjaan, tetapi jangan senang dulu, karena pasti bakalan ada saatnya dimana kamu merasa kalau kerjaan kamu numpuk banget sampai kamu bingung gimana menyelesaikannya!

Eh, tunggu.. Kalau kamu dihadapkan dengan posisi seperti ini, coba untuk menenangkan diri dan jangan baper dulu ya? Kerjaan memang banyak, tapi dibandingkan mengeluh dalam hati dan baper, lebih baik kamu terima kerjaanmu dengan ikhlas, supaya nggak menganggu performa kamu juga saat mengerjakannya.

ini-kerugian-kalau-kamu-terlalu-baper-di-tempat-kerja

3.    Kolega menjadi malas dan bingung berinteraksi dengan orang yang cepat baper

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau di tempat kerja, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki sifat dan sikap yang beragam. Di sini mungkin kerugian yang paling bisa kamu rasakan kalau kamu menjadi orang yang cepat baper.

Nggak semua orang bisa menerima sikap seseorang dengan vibes yang “cool”, sebagian dari mereka mungkin akan memilih untuk menjauh, daripada harus berhadapan dengan orang yang cepat baper. Alhasil, rekan kerja kamu jadi malas untuk berinteraksi dengan kamu.

4.    Mempengaruhi penilaian dari atasan

Saat lagi baper, kamu pasti bakal ngerasa nggak mood buat ngapa-ngapain, apalagi kerja. Kalau kamu lagi nggak mood, otomatis hal ini bakalan berpengaruh pada performa kerja dan membuat kamu kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaanmu itu. Hati-hati, ya, karena hal ini akan membuatmu dinilai kurang baik oleh perusahaan, karena sikap tidak profesional kamu yang cepat baper akan terlihat kalau kamu nggak bisa menempatkan emosi saat sedang bekerja.

5.    Kamu jadi dikelilingi hal yang negatif

Jika sifat terlalu baper ini sudah parah, kamu mungkin bisa jadi orang yang menganggap hal apa pun di sekitar kamu menjadi negatif. Sifat egois pun akan menjadi lebih besar juga. Kamu tidak akan ragu untuk menyalahkan keadaan ketika tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan dan sulit untuk menerima kritik dari orang lain.

Sudah pasti kita merasakan bosan, jenuh, capek, dan kesal setiap harinya. Tapi, cobalah untuk bisa menempatkan emosi terlebih lagi ketika kamu sedang berada di lingkungan kerja, karena ini berpengaruh dengan sikap profesionalmu, loh! Yuk cari tips karir di website Kalibrr, untuk mendapatkan insight yang lebih dalam seputar dunia kerja.

ini-kerugian-kalau-kamu-terlalu-baper-di-tempat-kerja

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!