Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Skill yang Wajib Kamu Miliki untuk Bertahan Dalam Karir
For Jobseeker

5 Skill yang Wajib Kamu Miliki untuk Bertahan Dalam Karir

Karina

February 27 • 5 min read

Setiap dunia kerja pasti memiliki persaingan di dalamnya, apapun bidang dan industri yang sedang kamu tekuni. Hal ini tentunya sehat-sehat saja mengingat melalui persaingan kita bisa meningkatkan kemampuan kita untuk masa depan. Namun, jika kita nggak siap, persaingan juga bisa membuat kita tersingkir. Maka dari itu kita harus mengetahui skill yang harus disiapkan di dunia kerja, sebagai modal untuk kita berkembang.

Bicara soal skill yang harus disiapkan di dunia kerja, tentunya ada banyak, dan sedihnya nggak semuanya bisa kita terima. Ya namanya juga manusia, kapasitasnya terbatas. Nah, biar nggak pusing, dirangkum dari hrtechnologies.com, berikut 5 skill utama yang perlu kamu siapkan supaya kamu bisa bertahan di dunia kerja.

1. Kreativitas

Skill yang satu ini rasanya udah menjadi skill wajib yang harus dimiliki setiap insan untuk bertahan hidup. Apalagi di era modern seperti ini, selalu ada keterbatasan yang datang menghinggap, dan tingkatnya semakin tinggi setiap hari.

Maka dari itu, kita perlu punya kreativitas yang meningkat juga supaya kita bisa memberikan solusi cerdas dan terbaik untuk perusahaan. Dengan begitu, kamu akan dipandang dan lebih punya tempat bagi atasanmu di perusahaan, dan tentu saja posisi kamu semakin aman.

2. Social Skills

Sebagai makhluk sosial, tentu saja kita harus saling berkomunikasi. Sayangnya, nggak semua orang mengerti bagaimana cara harus berkomunikasi yang baik. Padahal hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam dunia kerja yang harus kamu miliki.

Dengan memiliki social skills, kamu akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang lain di ruang lingkup kantor kamu atau bahkan klien kamu. Bahkan social skills juga berguna untuk menyampaikan ide kamu. Social skills yang biasanya dibutuhkan antara lain skill presentasi atau public speaking, skill negosiasi, dan membangun relasi.

3. Pengambilan Keputusan

Terkadang ada banyak orang yang berpikir bahwa kemampuan pengambilan keputusan itu hanya untuk para bos atau pimpinan. Hal ini yang kemudian menjadikan karyawan biasa enggan untuk mendalami skill ini.

Padahal, hampir setiap pekerjaan itu pasti membutuhkan pengambilan keputusan. Bahkan untuk pekerjaan yang sederhana kita juga butuh keputusan yang tepat untuk melangkah. Inilah yang membuat skill ini cukup diperlukan untuk pekerjaan sehari-hari dan bekal untuk kamu di masa depan.

4. Berpikir Kritis

Kita tentu percaya bahwa setiap keputusan atau kondisi itu nggak selalu sesuai dengan harapan kita. Maka dari itu tentu saja perlu insight baru bagi tim untuk mengatasi hal ini.

Sayangnya, perusahaan nggak akan dapat insight baru jika kamu cuma bengong tanpa suara. Perusahaan justru senang banget jika kamu punya pemikiran kritis dan bersuara untuk itu. Maka dari itu, skill berpikir kritis juga menjadi skill yang dicari dan diutuhkan saat ini.

5. Sensitivitas

Sensitivitas? Maksudnya menjadi lebih sensitif alias baper? Nggak loh, nggak begitu. Sensitivitas di sini adalah membicarakan soal kepekaan kamu terhadap isu sekitar, mulai dari soal keberagamaan, hingga isu sosial yang ada di sekitar kamu.

Hal ini cukup dianggap penting karena terkait dengan langkah yang perlu diambil oleh perusahaan. Sebut saja dalam hal marketing, komunikasi marketing yang tepat tentu bisa terjalin jika kita tahu isu sosial yang sedang berkembang di masyarakat, sehingga kita bisa mengkomunikasikan dengan tepat pula ke masyarakat.

Itu beberapa skill yang perlu kamu miliki jika ingin bertahan di dunia kerja saat ini. Apakah kamu punya beberapa skill tersebut? Kalau belum, semoga bisa menjadi rekomendasi, yah!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!